TY - THES N1 - Suparni, M.Pd ID - digilib32984 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32984/ A1 - Ayu Nur Fitriyana, NIM. 14600026 Y1 - 2018/07/23/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card serta variabel terikat yaitu motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 5 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4. Instrumen dalam penelitian ini adalah prescale-postscale, pretest-posttest, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Withney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Efektivitas KW - TGT KW - problem card KW - Motivasi Belajar KW - Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA AV - restricted EP - 300 ER -