eprintid: 32984 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/29/84 datestamp: 2019-02-07 08:10:36 lastmod: 2019-02-07 08:10:36 status_changed: 2019-02-07 08:10:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ayu Nur Fitriyana, NIM. 14600026 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, TGT, problem card, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika note: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card serta variabel terikat yaitu motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 5 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4. Instrumen dalam penelitian ini adalah prescale-postscale, pretest-posttest, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Withney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. date: 2018-07-23 date_type: published pages: 300 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ayu Nur Fitriyana, NIM. 14600026 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32984/1/14600026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32984/2/14600026_BAB-II_III_IV.pdf