eprintid: 32985
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/03/29/85
datestamp: 2019-02-07 08:26:56
lastmod: 2019-02-07 08:26:56
status_changed: 2019-02-07 08:26:56
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Khugnia Azizah, NIM. 14600034
title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN
ispublished: pub
subjects: pen_mat
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: Team Quiz, Kontekstual, Minat Belajar, Pemahaman Konsep
note: Dr. Iwan Kuswidi, M.Sc
abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual di kelas putra dibandingkan pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual di kelas putri terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual serta variabel terikat yaitu minat belajar dan pemahaman konsep
matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP D-Baito Sunan Plumbon tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII B, VII C, VII D dan VII E. Kelas VII C dan VII D dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual. Kelas VII B dan VII E dijadikan kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah prescale-postscale minat belajar, pretest-posttest pemahaman konsep matematika siswa, lembar observasi minat belajar, lembar keterlaksanaan pembelajaran, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika inferensial yaitu uji t atau uji Mann Withney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran team quiz
dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual sama-sama efektif baik di kelas putra maupun kelas putri terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa.
date: 2018-07-10
date_type: published
pages: 342
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Khugnia Azizah, NIM. 14600034  (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32985/1/14600034_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32985/2/14600034_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf