%0 Thesis %9 Skripsi %A Rahmawan Wildani Mirna, NIM. 14110011 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2018 %F digilib:32986 %I UIN Sunan Kalijaga %K Tasybih , macam-macam tasybih , tujuan tasybih %P 69 %T Al tashbih fi kitab 'izatu al nashi'in (dirasah tahliliyyah wasfiyyah balaghiyyah) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32986/ %X Kitab Izhatun Nasyi’in adalah kitab tentang akhlak, etika dan kemasyarakatan. Kitab ini ditulis oleh Syekh Musthafa Al-Ghalayain. Sasaran dari kitab ini adalah anak muda penerus bangsa. Nasihat-nasihat yang beliau berikan sangat sederhana dan seringkali dihubungkan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Gaya bahasa yang beliau gunakan tidak kaku dan penuh dengan ungkapan sastra. Tidak jarang dalam nasihatnya beliau menyisipkan gaya bahasa tasybih agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Karena ada beberapa ungkapan yang tidak bisa dipahami oleh pembaca sebelum dibuat tasybih. Ini adalah salah satu alasan peneliti ingin meneliti gaya bahasa tasybih dalam kitab Izhatun Nasyi’in. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengungkap dua hal saja yaitu macammacam tasybih dan tujuannya sehingga akan diketahui macam tasybih dan tujuannya yang sering digunakan oleh pengarang kitab Izhatun Nasyi’in. Adapun teori yang digunakan adalah teori tasybih yang merupakan bagian dari ilmu bayan dalam ilmu balaghah. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan sehingga untuk mengumpulkan data, peneliti membaca kitab Izhatun Nasyi’in yang merupakan objek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengarang kitab Izhatun Nasyi’in sering menggunakan tasybih baligh dibandingkan dengan tasybih yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas tasybih dalam kitab Izhatun Nasyi’in adalah baik. Sementara tujuan tasybih yang ada dalam kitab Izhatun Nasyi’in semuanya bersifat menjelaskan. Karena jika tanpa tasybih dikhawatirkan pembaca kurang memahami dengan sesuatu yang disampaikan oleh pengarang kitab Izhatun Nasyi’in. Kata Kunci : Tasybih , macam-macam tasybih , tujuan tasybih %Z Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.