eprintid: 32987
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/03/29/87
datestamp: 2019-02-07 08:33:43
lastmod: 2019-02-07 08:33:43
status_changed: 2019-02-07 08:33:43
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Amnia Salma, NIM. 14600039
title: PENERAPAN EDUPRENEURSHIP MELALUI PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “RAJA BIMA (RAJIN BELAJAR BILANGAN PRIMA)”
ispublished: pub
subjects: pen_mat
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: game edukasi, edupreneurship, bilangan prima
note: Nurul Arfinanti, M.Pd
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi game edukasi RAJA BIMA (Rajin Belajar Bilangan Prima) sebagai hasil dari penerapan edupreneurship. Aplikasi game edukasi yang dihasilkan memuat konten materi dan game tentang bilangan prima yang ditujukan untuk peserta didik Sekolah Dasar kelas IV. 
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi tahapan define (penetapan produk), tahap design (perancangan produk), tahap development (pengembangan produk) dan tahap dissemination penyebarluasan). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi RAJA BIMA dilakukan dengan pengujian ehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi RAJA BIMA (Rajin Belajar Bilangan Prima) yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, aplikasi ini mendapat persentase 91 % (Sangat Baik), oleh ahli media dan ahli edupreneurship aplikasi ini mendapat persentase 94% (Sangat Baik) sehingga dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi berdasarkan respon dari 10 peserta didik mendapat persentase 85% (sangat Setuju) sehingga aplikasi ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi RAJA BIMA layak disebut sebagai aplikasi edukasi sebagai penerapan dari edupreneurship.
date: 2018-08-06
date_type: published
pages: 149
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Amnia Salma, NIM. 14600039  (2018) PENERAPAN EDUPRENEURSHIP MELALUI PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “RAJA BIMA (RAJIN BELAJAR BILANGAN PRIMA)”.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32987/1/14600039_BAB%20I_BAB%20TERAKHIR_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32987/2/14600039_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR%20.pdf