relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991/
title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM  SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS  SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA
creator: Umi Nur Khanifah, NIM. 3600041
subject: Pendidikan Matematika
description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektivan model  pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model  pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) keefektivan  model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model  pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa.  Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain  non equivalent control group design. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas  yaitu model pembelajaran Double Loop Problem Solving serta variabel terikat yaitu  kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel  penelitiannya adalah Kelas VIII E dan VIII F. Kelas VIII F dijadikan kelas  eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran  Double Loop Problem Solving. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan  pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest  kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan  Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini  menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan  dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran Double Loop  Problem Solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran  konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) model pembelajaran Double  Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional  terhadap self awareness.
date: 2018-08-20
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991/1/13600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991/2/13600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Umi Nur Khanifah, NIM. 3600041  (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.