%0 Thesis %9 Skripsi %A Umi Nur Khanifah, NIM. 3600041 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2018 %F digilib:32991 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, Double Loop Problem Solving, Kemampuan Spasial, Self Awareness %P 342 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektivan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) keefektivan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Double Loop Problem Solving serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII E dan VIII F. Kelas VIII F dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness. %Z Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.