eprintid: 32991
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/03/29/91
datestamp: 2019-02-08 01:44:35
lastmod: 2019-02-08 01:44:35
status_changed: 2019-02-08 01:44:35
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Umi Nur Khanifah, NIM. 3600041
title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM
SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pen_mat
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: Efektivitas, Double Loop Problem Solving, Kemampuan Spasial, Self
Awareness
note: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektivan model
pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model
pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) keefektivan
model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model
pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain
non equivalent control group design. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas
yaitu model pembelajaran Double Loop Problem Solving serta variabel terikat yaitu
kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel
penelitiannya adalah Kelas VIII E dan VIII F. Kelas VIII F dijadikan kelas
eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran
Double Loop Problem Solving. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest
kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan
Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan
dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran Double Loop
Problem Solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) model pembelajaran Double
Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional
terhadap self awareness.
date: 2018-08-20
date_type: published
pages: 342
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Umi Nur Khanifah, NIM. 3600041  (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991/1/13600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991/2/13600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf