<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah pendidikan dan\r\npengajaran yang berkenaan dengan al-Quran khususnya tentang penafsiran atau pemahaman al-Qur'an \r\nseringkali menitik-beratkan pada hafalan, contoh-contoh ataupun kiasan yang terkadang dengan bahasa \r\nyang kaku tidak menyentuh hati. Pembelajar atau penuntut ilmu sering mendapati bahwa al-Qur’an \r\nadalah kitab sakral yang hanya berisikan peraturan-peraturan hidup manusia yang berisi perintah, \r\nlarangan, surga dan neraka. Kepala para penuntut ilmu sudah terpenuhi dengan gambaran yang kurang \r\nmenarik tentang al-Qur’an sehingga tidak ada ketertarikan yang kuat pada diri mereka untuk \r\nmempelajari al-Qur’an.\r\nPenelitian ditujukan ke SMA Internasional Budi Mulia Dua memiliki model pembelajaran yang memberi \r\nkeleluasaan kepada siswa dalam mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan potensi yang mereka \r\nmiliki. Peneliti melihat dengan adanya delapan basis pembelajaran yang telah disebutkan di atas, \r\nmenghasilkan metode pembelajaran belajar aktif dalam menjalankan ketetapan kurikulumnya. Peneliti \r\nmemusatkan perhatian kepada bagaimana guru pengampu mata pelajaran Universalisme Islam melaksanakan \r\nkegiatan belajar mengajar dalam menyampaikan materi yang terdiri dari Tafsir al-Qur’an.\r\nStrategi belajar aktif atau active learning strategy atau strategi belajar aktif merupakan metode \r\npembelajaran yang mengajak siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Beberapa prinsip \r\ndalam metode belajar ini: (1) prinsip motivasi, (2) prinsip konteks, (3) prinsip fokus tertentu. \r\n(4) keterlibatan langsung atau lapangan, (5) prinsip pengulangan, (6) prinsip hubungan sosial dan \r\nsosialisasi, (7) prinsp penguatan dan (8) prinsip pemecahan masalah.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tafsir Qur’an tematik diajarkan dengan metode \r\nceramah setiap pagi sebelum pelajaran pagi dimulai dengan durasi 30 menit. Penerapan belajar aktif \r\ndari materi tafsir Qur’an tersebut dilaksanakan sepanjang tahun pembelajaran secara \r\nberkesinambungan dengan tujuan penanaman agama sebagai praktek dalam bermacam kegiatan di dalam \r\nlingkungan sekolah seperti disiplin sholat, kebersihan lingkungan, kemandirian makan, dan diluar \r\nsekolah seperti magang sosial, penjelajahan Candi Cetho, pembagian sedekah, bantuan sosial, hewan \r\nqurban dan kegiatan bentuk lain."^^ . "2018-08-29" . . . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410124"^^ . "ELSADILA DHINI HAA"^^ . "NIM. 1420410124 ELSADILA DHINI HAA"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1420410124_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "1420410124_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "1420410124_BAB-II_III.pdf"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY)\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK\r\nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #33026 \n\nPENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) \nDALAM PEMBELAJARAN TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK \nDI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .