%A NIM. 1420410138 ISNA AINUN NAJIB, SPDI %O Dr. Sri Sumarni, M.Pd. %T HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DAN KEPRIBADIAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X DI MA FATHUL HIDAYAH PANGEAN LAMONGAN %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa MA Fathul Hidayah Pangean Lamongan merupakan sekolah yang banyak menggunakan literatur Arab dalam pembelajarannya. sehingga bagi siswa belajar bahasa Arab sudah tidak asing lagi. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana tingkat religiusitas pada siswa, bagaimana tingkat kepribadian siswa, dan adakah hubungan antara tingkat religiusitas dan kepribadian siswa dengan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X MA Fathul Hidayah Pangean Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang terdiri dari siswa kelas X MA Fathul Hidayah yang berjumlah sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mendeskripsikan data dan menguji hipotesis dengan menggunakan persamaan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hubungan antara tingkat religiusitas dan motivasi belajar bahasa Arab siswa menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan berbanding lurus dengan nilai signifikansi 0,619 0,01. 2) Hubungan antara kepribadian dan motivasi belajar bahasa Arab siswa memiliki tingkat kepercayaan korelasi sebesar 0,495 dengan nilai signifikansi 0,02 0,05 yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kedua variabel. 3) Korelasi tingkat religiusitas dan kepribadian siswa dengan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X MA Fathul Hidayah setelah dihitung menggunakan analisis korelasi melalui aplikasi SPSS 16.0 menunjukkan hubungan yang kuat dan berbanding lurus. Besarnya signifikansi 0,619 0,01, sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang berbunyi : Ada hubungan positif yang signifikan antara tingkat religiusitas siswa dengan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X MA Fathul Hidayah diterima dengan taraf signifiknasi 1%. Kemudian untuk besarnya signifikansi antara kepribadian siswa dan motivasi belajar bahasa Arab 0,02 0,05 juga menyatakan adanya hubungan positif keduanya dan diterima dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini mengandung arti bahwa tinggi rendahnya tingkat motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X %K Religiusitas, Kepribadian, Motivasi Belajar, Bahasa Arab %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib33030