<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan buku ajar bahasa Arab yang memadai yang \r\nberbagai kosakata dan ungkapannya bersumber dari kosa kata sehari-hari. Banyak buku-buku bahasa \r\nArab yang telah terbit, tetapi tidak semua buku-buku bahasa Arab tersebut sesuai dengan kebutuhan \r\nsiswa, khususnya siswa kelas II MTS Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta. Oleh karena itu, \r\npenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk, 1. mengetahui berbagai kosakata dan berbagai ungkapan \r\nyang diperlukan para siswa PP Ibnul Qayyim Yogyakarta untuk berkomunikasi dalam kehidupan \r\nsehari-hari;\r\n2. mengembangkan buku pendukung atau bahan ajar pembelajaran bahasa Arab di PP Ibnul Qayyim \r\nYogyakarta; dan, 3. mengetahui kelayakan buku pendukung atau bahan ajar bahasa Arab yang sudah \r\ndikembangkan tersebut.\r\n\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan \r\npengembangan (research & development). Berdasarkan metode Dick dan Carey dan Borg dan Gall yang \r\ndisederhanakan, pengembangan buku dalam penelitian ini dilakukan dalam enam tahapan berikut: 1. \r\nmelakukan analisis kebutuhan melalui observasi, studi literatur, dan analisis karateristik siswa; \r\n2. menyusun desain pengembangan produk dengan menentukan, a. tujuan pembelajaran umum; b. tujuan \r\npembelajaran khusus; c. standar kompetensi; d. kompetensi dasar; 3. menyusun produk awal; 4. \r\nmengevaluasi dan merevisi produk berdasarkan saran-saran dari validator ahli; 5) melakukan uji coba \r\nlapangan dan revisi buku ajar; dan, 6) menyusun produk akhir.\r\n\r\nHasil penelitian berupa buku ajar dengan judul “ةﺎﻴﺤﻠﻟ ﺔﻴﺑﺮﻌﻟا ﺔﻐﻠﻟا” yang ditujukan bagi siswa \r\nkelas II MTS Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta. Buku ajar ini mengikuti struktur berikut, a. \r\ncover (sampul) depan; b. halaman basmalah; c. halaman PP Ibnul Qayyim Yogyakarta; d. standar \r\nkompetensi lulusan; e. indikator/ tujuan pembelajaran; f. daftar isi; g. sampul unit pembahasan \r\npertama; h. materi pelajaran unit pertama, kegiatan mandi (مﺎﻤﺤﺘﺳﻹا); i. sampul unit pembahasan \r\nkedua; j. materi pelajaran unit pembahasan kedua, kegiatan kebersihan (ﻒﻴﻈﻨﺘﻟا); k. sampul unit \r\npembahasan ketiga; l. materi pelajaran unit ketiga, kegiatan dapur (ﺦﺒﻄﻤﻟا); m. daftar rujukan \r\n(al-maraji’); dan, n. sumber pengambilan gambar.\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nix\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nAdapun kelayakan buku pendukung atau bahan ajar bahasa Arab yang sudah dikembangkan tersebut, \r\ndisimpulkan bahwa untuk desain, rata-rata skor untuk aspek tampilan adalah 4,13 dengan kategori \r\nbaik, sedangkan untuk aspek penyajian, rata-rata skornya adalah 3,85 dengan kategori baik. Dengan \r\ndemikian, disimpulkan bahwa dari aspek desain, buku ajar bahasa Arab ini direspon positif dan layak \r\ndigunakan. Adapun untuk materi, rata-rata skor untuk aspek pembelajaran adalah 3,67 dengan kategori \r\nbaik, sedangkan untuk aspek isi/materi, rata-rata skornya adalah 3,83 dengan kategori baik. Dengan \r\ndemikian, disimpulkan bahwa dari aspek materi, buku ajar bahasa Arab ini direspon positif dan layak \r\ndigunakan.\r\n\r\nAdapun tanggapan atau penilaian dari 18 siswa kelas II MTS Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta \r\ntentang aspek desain bahan ajar ini adalah “sangat baik” dengan skor 4,24, sedangkan tanggapan atau \r\npenilaian siswa tentang aspek materi adalah “sangat baik” dengan skor 4,36. Dengan demikian, \r\ndisimpulkan bahwa dari aspek desain, buku ajar bahasa Arab ini direspon sangat positif dan sangat \r\nlayak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab."^^ . "2018-08-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410168"^^ . "IRMA NUR HIDAYATI"^^ . "NIM. 1420410168 IRMA NUR HIDAYATI"^^ . . . . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1420410168_BAB I_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA_ LAMPIRAN.pdf"^^ . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #33041 \n\nPENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .