TY - THES N1 - Dr. H. Sukamta, M.A., ID - digilib33041 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33041/ A1 - IRMA NUR HIDAYATI, NIM. 1420410168 Y1 - 2018/08/29/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan buku ajar bahasa Arab yang memadai yang berbagai kosakata dan ungkapannya bersumber dari kosa kata sehari-hari. Banyak buku-buku bahasa Arab yang telah terbit, tetapi tidak semua buku-buku bahasa Arab tersebut sesuai dengan kebutuhan siswa, khususnya siswa kelas II MTS Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk, 1. mengetahui berbagai kosakata dan berbagai ungkapan yang diperlukan para siswa PP Ibnul Qayyim Yogyakarta untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari; 2. mengembangkan buku pendukung atau bahan ajar pembelajaran bahasa Arab di PP Ibnul Qayyim Yogyakarta; dan, 3. mengetahui kelayakan buku pendukung atau bahan ajar bahasa Arab yang sudah dikembangkan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research & development). Berdasarkan metode Dick dan Carey dan Borg dan Gall yang disederhanakan, pengembangan buku dalam penelitian ini dilakukan dalam enam tahapan berikut: 1. melakukan analisis kebutuhan melalui observasi, studi literatur, dan analisis karateristik siswa; 2. menyusun desain pengembangan produk dengan menentukan, a. tujuan pembelajaran umum; b. tujuan pembelajaran khusus; c. standar kompetensi; d. kompetensi dasar; 3. menyusun produk awal; 4. mengevaluasi dan merevisi produk berdasarkan saran-saran dari validator ahli; 5) melakukan uji coba lapangan dan revisi buku ajar; dan, 6) menyusun produk akhir. Hasil penelitian berupa buku ajar dengan judul ??????? ??????? ?????? yang ditujukan bagi siswa kelas II MTS Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta. Buku ajar ini mengikuti struktur berikut, a. cover (sampul) depan; b. halaman basmalah; c. halaman PP Ibnul Qayyim Yogyakarta; d. standar kompetensi lulusan; e. indikator/ tujuan pembelajaran; f. daftar isi; g. sampul unit pembahasan pertama; h. materi pelajaran unit pertama, kegiatan mandi (????????); i. sampul unit pembahasan kedua; j. materi pelajaran unit pembahasan kedua, kegiatan kebersihan (???????); k. sampul unit pembahasan ketiga; l. materi pelajaran unit ketiga, kegiatan dapur (??????); m. daftar rujukan (al-maraji?); dan, n. sumber pengambilan gambar. ix Adapun kelayakan buku pendukung atau bahan ajar bahasa Arab yang sudah dikembangkan tersebut, disimpulkan bahwa untuk desain, rata-rata skor untuk aspek tampilan adalah 4,13 dengan kategori baik, sedangkan untuk aspek penyajian, rata-rata skornya adalah 3,85 dengan kategori baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dari aspek desain, buku ajar bahasa Arab ini direspon positif dan layak digunakan. Adapun untuk materi, rata-rata skor untuk aspek pembelajaran adalah 3,67 dengan kategori baik, sedangkan untuk aspek isi/materi, rata-rata skornya adalah 3,83 dengan kategori baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dari aspek materi, buku ajar bahasa Arab ini direspon positif dan layak digunakan. Adapun tanggapan atau penilaian dari 18 siswa kelas II MTS Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta tentang aspek desain bahan ajar ini adalah ?sangat baik? dengan skor 4,24, sedangkan tanggapan atau penilaian siswa tentang aspek materi adalah ?sangat baik? dengan skor 4,36. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dari aspek desain, buku ajar bahasa Arab ini direspon sangat positif dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - desain buku ajar KW - pengembangan bahan ajar KW - bahan ajar bahasa Arab KW - kosakata bahasa Arab M1 - masters TI - PENYUSUNAN BUKU PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA POPULER KELAS II MTS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QAYYIM YOGYAKARTA AV - restricted EP - 324 ER -