@mastersthesis{digilib33055, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI KARAKTER BUDAYA KEDAMAIAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 1420411079 NAMA AULIA FAJRI PURNAMASARI, SPDI}, year = {2018}, note = {Dr. H. Singgih Basuki, M.A.,}, keywords = {karakter, kedamaian}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33055/}, abstract = {Masyarakat Indonesia yang plural baik dari segi etnis, agama, dan ras di hadapkan pada suatu kondisi disintegrasi. Kasus dan peristiwa yang mengedepankan perilaku kekerasan banyak terjadi di lingkungan kita. Untuk mengantisipasi terjadinya kasus dan peristiwa kekerasan, diperlukan upaya, yaitu melalui pendidikan, terutama pendidikan agama Islam. Budaya damai dalam pendidikan agama sangat diperlukan untuk memberikan pedoman kepada pemeluknya bagaimana berhubungan dengan pemeluk agama lain karena pada dasarnya agama mampu menjadi katalisator pencegah terjadinya disintegrasi dalam masyarakat. Budaya damai dapat terwujud apabila masing-masing individu memiliki sikap toleran, peduli dan demokratis. Oleh karena itu, nilai karakter kedamaian perlu diterapkan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter budaya kedamaian dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini bersifat kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari dua sumber yaitu sumber data primer terdiri dari guru PAI dan siswa, sumber data sekunder terdiri dari buku-buku dan dokumen lain yang menunjang. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi karakter budaya kedamaian dalam pendidikan agama Islam di SMA N 1 Purworejo terdiri dari dua tahap, yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan berupa perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Sedangkan tahap pelaksanaan terdiri dari pelaksanaan pada proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, faktor pendukung Implementasi karakter budaya kedamaian di SMA N 1 Purworejo yaitu terdiri dari: guru yang memiliki tekad untuk menanamkan kedamaian di lingkungan sekolah, stakeholder sekolah dapat dilihat dari penyediaan fasilitas dan sarana yang mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, budaya sekolah yang ditandai dengan kebebasan bagi pemeluk agama untuk mengadakan kegiatan peribadatan yang bernuansa ibadah. Selain itu, siswa bersikap ramah tamah terhadap dan menghargai antar warga sekolah. Guru juga melakukan pengkodisian dengan membudayakan ?Senyum Sapa Salam?, dan muatan materi tentang karakter kedamaian yang terdapat pada mata pelajaran PAI. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, nilai karakter kedamaian yang belum dijabarkan secara representatif, dan pemahaman guru dan siswa. Ketiga, dampak dari Implementasi Karakter Budaya Kedamaian di SMA N 1 Purworejo yaitu Siswa merasa lebih aman dan nyaman berada di lingkungan sekolah, lebih taat dalam beribadah, lebih termotivasi untuk membantu orang lain, saling menghargai dan menghormati} }