@phdthesis{digilib33079, month = {July}, title = {NILAI-NILAI MORAL PANCASILA MENURUT ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10410110 Burhanuddin Fahmy}, year = {2018}, note = {Dr. Sabarudin, M.Si}, keywords = {Abdurrahman Wahid, Pancasila, Nilai Moral}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33079/}, abstract = {Nilai-Nilai Moral Pancasila Menurut Abdurrahman Wahid dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa degradasi moral bangsa Indonesia masih memprihatinkan. Masyarakat Indonesia yang memiliki ideologi luhur Pancasila sekarang kebanyakan menjadi masyarakat yang sensitif, materialis dan individualis bahkan kadang menjadi anarkis. Salah satu tokoh yang akan dikaji pandangannya tentang pancasila adalah Abdurrahman Wahid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan kembali pemahaman tentang nilai-nilai moral Pancasila dalam pandangan Abdurrahman Wahid dan implikasinya terhadap pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengidentifikasi sumber data primer berupa tulisan-tulisan Abdurraahman Wahid dan sumber data sekunder dari tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kajian penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi dengan pendekatan historis dan filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Nilai-nilai moral Pancasila merupakan suatu rangkaian sila-sila yang tidak bisa dipahami secara terpisah masing-masing sila. Dalam pandangan Abdurrahman Wahid mencakup nilai-nilai kebangsaaan, toleransi, kemanusiaan, persatuan, kearifan lokal dan demokrasi yang berdasar pada nilai ketuhanan dan saling berhubungan satu sama lain, (2) Implikasinya terhadap pendidikan akhlak adalah menumbuhkan pembelajaran yang demokratis normatif mengantarkan peserta didik memiliki cara pandang luas agar peduli dan bertoleransi terhadap sesama.} }