<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD"^^ . "Dalam kajian Al-Qur’an, telah banyak karya hasil pemikiran yang pada\r\nakhirnya berkolaborasi dengan koneks dimana karya itu disusun.salah satu karya\r\nitu lahir menyesuaikan karakteristik sosial, budaya, teknologi, dan capaian\r\npengetahuan masyarakat lokal. Salah satu karya yang merepresentasikan bentuk\r\nkekuatan budaya di dalam butir-butir penafsiran adalah “Juz ‘Amma dan\r\nMaknanya”, karya KH>. Aliy As’ad. Tafsir ini mengelaborasikan khazanah lokal\r\ndengan bentuk Terjemah tafsiriyah yang ditampilkan kepada masyarakat dalam\r\nbentuk yang begitu ringat perkata dan dengan bahasa lokal yang secara langsung\r\ndapat diterima oleh audiens\r\nBerangkat dari hal tersebut, penelitian ini adalah upaya menelusuri\r\ntentang bagaimana epistemologi tafsir yang meliputi sumber pengetahuan,,\r\nmetode maupun tingkat validitasnya bisa terurai. Hal yang menarik juga untuk\r\nditelusuri dalam menguatkan kerangka kerja epistemologi tersebut adalah prapemahaman\r\nsosok penulis yang berperan dalam proses penyusunan karya\r\ntersebut seiring dengan kuatnya pengaruh latar belakang, tingkat\r\nemosional,spiritual, dan pengetauhan penulis. Karena hal itulah, penelitian ini\r\njuga mempertimbangkan argumen Gaddamer yang menjelaskan tentang Filsafat\r\nHermeneutik(hermeneutical philosopy) dalam menelusuri asumsi bahwa selalu\r\nterdapat peran perangkat sejarah di balik setiap pemikiran. Penelitian ini secara\r\ngaris besar beracuan pada tiga rumusan masalahnya, yaitu 1. Bagaimana\r\nKarakteristik Tafsir Juz ‘Amma dan Maknanya?; 2. Bagaimana Epistemologi\r\nTafsir juz ‘amma dan maknanya karya Aliy As’ad?; 3. sejauh mana ruang sosio\r\nhistoris berimplikasi terhadap karya juz ‘Amma dan Maknanya?\r\nBerdasarkan rumusan tersebut, penelitian ini menemukan bahwa\r\nkarateristik juz ‘amma dan maknanya sebagai terjema tafsiriyyah berbeda\r\ndengan lainnya. Selain menggunakan tabel sebagai sistematika terjemah perkata,\r\ntafsir ini juga melakukan pnjabaran tafsir dengan menggunakan tiga kitab tafsir\r\npopuler seperti Ibnu Katsir, Jalalain, dan Showi. Terjemah dalam bahasa jawa\r\njuga menjadi kekhasan tersendiri sebagai bentuk karya tafsir lokal yang identik\r\ndengan Islam di Indonesia. Hal ini memberikan ciri identik dan karakter yang\r\ncukup jelas.\r\nTerkait epistemologi tafsir ini berumber dari rujukan utamanya Al-\r\nQur’an, hadis, dan juga penafsiran lainnya. Kemudian metode yang dipakai\r\ndalam proses terjemah adalah pembagiannya ke dalam tiga bahasa yang terbagi\r\ndalam dua tabel, tabel pertama disajikan ayat al-Qur’an yang berbahasa arab,\r\nkemudian tabel kedua berisi terjemah dalam bahasa indonesia dan bahasa jawa.\r\nDala setiap penyajian surat dan terjemah, penulis menjelaskan secara global\r\nterkait kandungan surat dan konsep-konsep yang terkait dengannya dan di bagian\r\nakhir penerjemahan, penulis menyajikan penafsiran dari tiga kitab tafsir\r\nsebagaimana disinggung di atas. Terkait validitas tafsir, penulis cukup koheren\r\ndaam menyajikan sitematika yang runtut dan sesuai dalam mengurai ayat-ayat\r\nAl-Qur’an ke dalam bentuk terjemah. Selain itu penulis cukup konsisten dalam\r\nx\r\nmenjelaskan konsep global surat dan ayat tertentu dengan merujuk tiga tafsir\r\nutama. Disisi lainnya, lahirnya terjemah tafsiriyyah berbahasa jawa ini\r\ncukupmemiliki nilai atau pragmatis dalam membantu masyarakat jawa dalam\r\nmemahami pesan-pesan Al-Qur’an juga cukup korespondentif dengan realitas\r\nkebutuhan masyarakat di lingkungan Plosokuning Yogyakarta terutama majlis\r\nNisaul Quro yang terfasilitasi oleh PP Nailul Ula Center yang secara rutin\r\nmengkaji tafsir ini yang juga di kaji di beberapa pesantren lainnya.\r\nTerkait sejumlah terjemah tafsiriyyah ini mengakomodir ruang sosio\r\nhistoris dan secara timbal balik mlakukan penyesuaiannya dengan budaya lokal\r\nadalah keberhasilan KH>.Aliy As’ad menerapkan kajian rutin terjemah tafsiriyyah\r\nini dalam majlis Nisaul Quro Plosokuning Yogyakarta. Bahkan sepeninggal\r\npenulis tafsir ini tetap diajarkan kepada majlis ibu-ibu tersebut dan juga di\r\nbberapa pesantren lainnya yang secara khusu meminta izin kepada keluarga agar\r\ndapat mengajarkan tafsir itu di pesantren masing-masing."^^ . "2018-08-27" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420510017"^^ . "Muhammad Rajif Dienal Maula"^^ . "NIM. 1420510017 Muhammad Rajif Dienal Maula"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Text)"^^ . . . . . "1420510017_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Text)"^^ . . . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA\r\nKARYA ALIY AS’AD (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #33085 \n\nEPISTEMOLOGI JUZ ‘AMMA DAN MAKNANYA \nKARYA ALIY AS’AD\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al-Qur'an" . .