%A NIM. 11410144 ZAHRATUL ARAFAH %O Dr.Eva Latipah, M.Si. %T HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN SEKOLAH PAI DI SD/MI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 MOYUDAN %X Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan rendahnya prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan bisa disebabkan diantaranya oleh nilai ujian sekolah PAI di jenjang sebelumnya (SD/MI) dan metode pembelajaran. Subjek pada penelitian siswa kelas VII SMP N 1 Moyudan tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi untuk nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dan Prestasi Belajar PAI di SMP N 1 Moyudan, serta metode angket untuk metode pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan : adanya hubungan positif antara nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan rhitung sebesar 0,458. Pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel (n- 2) sebesar 0,361, dengan sumbangan efektif sebesar 15,67%. Hubungan positif antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan rhitung sebesar 0,475. Pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel (n-2) sebesar 0,361, dengan sumbangan efektif sebesar 17,40%. Hubungan positif dan signifikan antara nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dan metode pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan harga Fhitung sebesar 7,163. Pada taraf signifikansi 5% dengan Ftabel (df = 1 : 30) sebesar 4,17. Fhitung lebih besar daripada Ftabel atau dapat dikatakan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Sumbangan efektif yang diperoleh sebesar 33,07%. %K Nilai Ujian Sekolah PAI, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti. %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33104