%A NIM. 11410145 Muhammad Mu’adz %O Drs. H. Rofik, M.Ag. %T IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MUHAMMADIYAH GAMPING SLEMAN %X Latar belakang masalah penilitian ini adalah bahwa pendidikan keagamaan merupakan pendidikan yang sangat penting diberikan kepada peserta didik tanpa terkecuali. Bagi peserta didik yang beragama Islam, mewajibkan sekolah/lembaga pendidikan memberikan pendidikan agama Islam. Pada praktiknya SLB Muhammadiyah Gamping Sleman memiliki perbedaan yang jelas dibandingkan dari sekolah pada umumnya. SLB Muhammadiyah Gamping Sleman memakai dua dasar kurikulum untuk menyusun kurikulum pendidikan agama Islam, yaitu kurikulum dari pemerintah dan kurikulum dari Muhammadiyah. Oleh karena hal tersebut perlu diadakan penelitian tentang implementasi kurikulum pendidikan Agama Islam di SLB Muhammadiyah Gamping Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data mengunakan 4 metode ini yaitu reduksi data, display data, menarik kesimpulan dan verifikasi dan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) kurikulum PAI di SLB Muhammadiyah Gamping Sleman menggunakan kurikulum yang disusun oleh sekolah dan dengan dasar kurikulum dari pemerintah serta Muhammadiyah..2) implementasi yang dilakukan sekolah dan guru sudah cukup baik. Para guru menyusun bersama mulai dari jadwal, tema, materi, media, metode, strategi, evaluasi, serta penaggung jawab dalam sebuah kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam. 3)sekolah telah melakukan upaya agar implementasi bias dilaksanakan. Upaya yang dilakukan sekolah mengikuti diklat untuk para guru, melakukan kerjasama, mencari sesuatu yang baru dan cocok untuk diterapkan di sekolah, serta penyediaan sarana serta prasarana penunjang pembelajaran. Adapun saran untuk mengembangkan kurikulum ke depan serta memudahkan implementasi kurikulum yaitu sebagai berikut: 1)senantiasa mencari informasi terkait perkembangan kurikulum, baik berupa penyusunan, pengimplementasian, dan hal berkaitan dengan kurikulum. Kemudian mengikuti perkembangan informasi, teknologi, meningkatkan wawasan dan profesionalitasan sebagai guru, 2)menjaga kerjasama antar warga sekolah, masyarakat sekitar sekolah, orangtua/ wali, peserta didik dan komite untuk menciptakan suasana yang kondusif di sekolah. Memperbarui sarana prasarana dan fasilitas belajar, 3)memperhatikan kebutuhan dan kemampuan peserta didik untuk menentukan tema, metode, dan strategi belajar yang terbaik %K kurikulum PAI, implementasi Kurikulum PAI %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33105