TY - THES N1 - Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd ID - digilib33118 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33118/ A1 - Tini Nurmilasari, NIM. 11410234 Y1 - 2018/07/25/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi berbagai masalah yang ada pada dunia pendidikan, terutama kualitas guru dan kualitas pembelajaran. Diperlukan guru profesional yang mampu melaksanakan berbagai kompetensi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mampu mengakomodir berbagai kecerdasan peserta didik dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik guna membantu menemukan kondisi akhir terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences Munif Chatib serta implikasinya terhadap Rencana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Metode deskriptif analitik adalah suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data, kemudian diadakan analisis dan interpretasi atau penafsiran data yang kemudian diolah guna memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Munif Chatib merupakan pengembangan dari teori Multiple Intelligences Howard Gardner dalam ranah dunia pendidikan yang diawali dengan memandang bahwa tidak ada siswa bodoh. Kemampuan anak itu seluas samudra, banyak potensi yang terpendam dalam diri anak. Potensi tersebut ibarat harta karun yaitu berupa kecerdasan jamak atau multiple intelligences. Konsep ini diterapkan disekolah dalam bentuk lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lebih menekankan pada gaya belajar anak, profesionalitas guru, modalitas belajar, cara kerja otak, display kelas, apersepsi, strategi pembelajaran hingga pada penilaian pembelajaran. 2) Implikasi konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa gambaran dan desain rencana pelaksaaan pembelajaran mengikuti pola kerja otak, sedangkan aktivitas pembelajaran mewakili gaya belajar dan kecerdasan peserta didik, yang memiliki indikator penilaian autetik berbasis proses. Pilihan strategi pembelajaran Multiple Intelligences yang beragam berimplikasi pada kecakapan guru sebagai sarana untuk mengasah kemampuan profesional dan pedagogik dengan berkeatifitas menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang fokus pada pengembangan potensi kecerdasan peserta didik yang beragam. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran KW - Multiple Intelligences KW - RPP PAI. M1 - skripsi TI - KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted EP - 164 ER -