eprintid: 33118
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/03/31/18
datestamp: 2019-02-13 02:07:38
lastmod: 2019-02-13 02:07:38
status_changed: 2019-02-13 02:07:38
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Tini Nurmilasari, NIM. 11410234
title: KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ispublished: pub
subjects: pdk
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Pembelajaran, Multiple Intelligences, RPP PAI.
note: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd
abstract: Penelitian ini dilatar belakangi berbagai masalah yang ada pada dunia pendidikan, terutama kualitas guru dan kualitas pembelajaran. Diperlukan guru profesional yang mampu melaksanakan berbagai kompetensi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mampu mengakomodir berbagai kecerdasan peserta didik dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik guna membantu menemukan kondisi akhir terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences Munif Chatib serta implikasinya terhadap Rencana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Metode deskriptif analitik adalah suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data, kemudian diadakan analisis dan interpretasi atau penafsiran data yang kemudian diolah guna memperoleh
kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Munif Chatib merupakan pengembangan dari teori Multiple Intelligences Howard Gardner dalam ranah dunia pendidikan yang diawali dengan memandang bahwa tidak ada siswa bodoh. Kemampuan anak itu seluas samudra, banyak potensi yang terpendam dalam diri anak. Potensi tersebut ibarat harta karun yaitu berupa kecerdasan jamak atau multiple intelligences. Konsep ini diterapkan disekolah dalam bentuk lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lebih menekankan pada gaya belajar anak, profesionalitas guru, modalitas belajar, cara kerja otak, display kelas, apersepsi, strategi pembelajaran hingga pada penilaian pembelajaran. 2) Implikasi konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa gambaran dan desain rencana pelaksaaan pembelajaran mengikuti pola kerja otak, sedangkan aktivitas pembelajaran mewakili gaya belajar dan kecerdasan peserta didik, yang memiliki indikator penilaian autetik berbasis proses. Pilihan strategi pembelajaran Multiple Intelligences yang beragam berimplikasi pada kecakapan guru sebagai sarana untuk mengasah kemampuan profesional dan pedagogik dengan berkeatifitas
menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang fokus pada pengembangan potensi kecerdasan peserta didik yang beragam.
date: 2018-07-25
date_type: published
pages: 164
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Tini Nurmilasari, NIM. 11410234  (2018) KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MUNIF CHATIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33118/1/11410234_BAB%20I%2C%20IV%2C%20%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33118/2/11410234_BAB%20II%2C%20III.pdf