eprintid: 33130 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/31/30 datestamp: 2019-02-13 03:31:19 lastmod: 2019-02-13 03:31:19 status_changed: 2019-02-13 03:31:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Risky Cahya Pratama, NIM. 12410171 title: HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL ispublished: pub subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan. note: Sri Purnami, S.Psi., MA abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak peserta didik yang mempunyai kecerdasan yang tinggi, dan mereka mempunyai prestasi yang baik dalam bidang akademik, khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Akan tetapi perilaku yang mereka lakukan belum mencermikan kecerdasan dan prestasi mereka. Seharusnya peserta didik yang sudah berilmu, akan mengamalkan ilmunya menjadi perilaku, sehingga ada keseimbangan antara ilmu/hasil belajar dengan perilaku peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perilaku keagamaan peserta didik kelas XI di SMA N 1 Imogiri (2) untuk mengetahui untuk mengetahui hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA N 1 Imogiri (3) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar PAI dengan perilaku keagamaan peserta didik kelas XI di SMA N 1 Imogiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Imogiri. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perilaku keagamaan peserta didik adalah dengan skala perilaku keagamaan. Teknik analisis data untuk mengetahui hasil belajar PAI menggunakan statistik deskriptif, untuk mengetahui perilaku keagamaan peserta didik menggunakan statistik deskriptif,dan untuk mengetahui hubungan hasil belajar PAI dengan perilaku keagamaan peserta didik menggunakan statistik korelasi bivariat dengan menggunakan metode product moment correlation. Hasil penelitian ini adalah (1) Perilaku keagamaan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri berada pada posisi cukup baik dengan perolehan skor sebanyak 44,2 %, (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri berada pada posisi cukup tinggi dengan perolehan skor sebanyak 42,0 %, dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri. (rs = 0,446. p= 0.000, p<0.01). Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa varians perilaku keagamaan dapat dijelaskan oleh hasil belajar Pendidikan Agama Islam date: 2018-07-26 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Risky Cahya Pratama, NIM. 12410171 (2018) HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33130/1/12410171_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33130/2/12410171_BAB-II_III.pdf