%A NIM. 1420411136 MUHAMAD ROBBANI
%O Dr. H. Sukamta, M.A.,
%T PERAN MGMP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN 
KARANGANYAR
%X Yogyakarta, 2018.
MGMP merupakan wadah yang tepat untuk mengembangkan
pembelajaran bahasa Arab di tingkat kabupaten.Pengembangan pembelajaran
bahasa Arab tersebut dapat dilakukan dengan pengembangan kurikulum terlebih
dahulu.Pengembangan kurikulum bahasa Arab dapat dipengaruhi dari beberapa
hal di antaranya kompetensi guru sebagai subjek pengembang, fasilitas
pembelajaran di sekolah, dan karakteristik siswa yang berbeda-beda di sekolah.
Maka dari itu, apa saja peran MGMP dalam rangka pengembangan kurikulum
bahasa Arab di tingkat Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran MGMP dalam
pengembangan kurikulum bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah di
Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara mendalam,
dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengembangan kurikulum bahasa
Arab oleh MGMP bahasa Arab Kabupaten Karanganyar meliputi dua kategori,
yaitu Implementasi kurikulum dan proses pengembangan. Pelaksanaan kurikulum
bahasa Arab terdiri dari beberapa unsur penting yaitu guru dan peserta didik,
tujuan pembelajaran bahasa Arab, materi dan bahan ajar bahasa Arab, metode
pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, dan evaluasi
pembelajaran bahasa Arab. Adapun proses pengembanagan kurikulum bahasa
Arab oleh MGMP Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Karanganyar terdapat 3
tahapan yaitu, perencanaan kurikulum bahasa Arab, implementasi kurikulum
bahasa Arab, evaluasi pengembangan kurikulum bahasa Arab. (2) Peran MGMP
bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karanganyar dalam
pengembangan kurikulum bahasa Arab adalah sebagai Reformator dalam
classroom reform, terutama dalam reorientasi pembelajaran efektif, Mediator
dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru, terutama dalam
pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, Supporting agency dalam inovasi
manajemen kelas dan manajemen sekolah, dan Evaluator, developer school
reform dalam konteks MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis
Sekolah). (3) Kendala-kendala yang muncul dalam pengembangan kurikulum
bahasa Arab di tingkat MTs Kabupaten Karanganyar adalah kurangnya
pemahaman guru dalam proses pelaksanaan kurikulum dan pengembangan
kurikulum di sekolah masing-masing, masih kurangnya intensitas perhatian
MGMP bahasa Arab Karangnyar pada pengembangan kompetensi guru baik
pedagogik maupun profesional, fasilitas pembelajaran yang belum memadai
dalam pembelajaran bahasa Arab, kurangnya kompetensi peserta didik dalam
membaca tulisan Arab, pembuatan perangkat pembelajaran yang dilakukan
serentak menjadikan proses pembelajaran dalam RPP menjadi sama, padahal
setiap sekolah mempunyai media dan fasilitas berbeda, dan motivasi dan
semangat para guru dalam upaya mengembangkan bahasa Arab di tingkat
Kabupaten Karanganyar masih tergolong rendah
%K Peran MGMP, Pengembangan Kurikulum, Bahasa Arab.
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib33132