TY - THES N1 - Dr. H. Tasman Hamami, M.A ID - digilib33137 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33137/ A1 - MIFTAHUL AZIZ, NIM. 13410062 Y1 - 2018/05/31/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya metode dalam pengajaran Alquran kepada anak-anak, terlebih lagi materi yang dibaca adalah rangkaian kata-kata berbahasa Arab yang banyak berbeda sistem bunyi dan penulisannya dengan bahasa Indonesia. Untuk memudahkan anak dalam belajar Alquran dengan baik perlu digunakan metode yang cocok dalam pembelajarannya. Pada dasarnya pengajaran Alquran dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Salah satunya adalah metode Ummi. Metode Ummi adalah metode pembelajaran Alquran yang menggunakan pendekatan bahasa ibu, yang mana pendekatan bahasa ibu ini mengandung 3 unsur: Direct Method, Repeatation, dan Kasih sayang yang tulus. Selain itu metode Ummi memiliki 3 motto yang dipegang teguh, yakni mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Ummi dan bagaimana efektivitas metode Ummi dalam pembelajaran Alquran di SDIT As-Salamah Baturetno Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara gamblang tentang penerapan dan efektivitas metode Ummi dalam pembelajaran Alquran di SDIT As-Salamah Baturetno Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT As-Salamah Baturetno Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Alquran sudah mengikuti seperti yang ada dalam panduan metode Ummi. Seperti: Dalam pelaksanaannya siswa dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya, guru yang mengajar Ummi harus menguasai meteri dan metodologi pengajaran Ummi, materi yang diajarkan mengacu kepada buku yang sudah disediakan oleh Ummi Foundation, dalam pengajarannya menggunakan teknik klasikal dan individual dan dibantu dengan alat peraga Ummi, kemudian untuk evaluasinya terdiri atas tes pelajaran, tes kenaikan jilid, dan tes akhir/munaqosyah. (2) Metode Ummi merupakan metode yang baik dan efektif bagi siswa SDIT As-Salamah Baturetno Wonogiri. Keefektifan tersebut dapat dilihat melalui lima variabel pembelajaran efektif, yaitu: melibatkan siswa secara aktif ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, dapat menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, memperhatikan prinsip individualitas, serta penggunaan alat peraga dalam pengajarannya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Ummi KW - Pembelajaran Alquran M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN DI SDIT AS-SALAMAH BATURETNO WONOGIRI AV - restricted EP - 149 ER -