%0 Thesis %9 Skripsi %A Fitrotun Najizah, NIM. 13410230 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:33144 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Internalisasi Nilai, Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran PAI. %P 155 %T INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 SEWON BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33144/ %X Latar belakang penelitian ini adalah berkaitan dengan karakteristik peserta didik SMA N 1 Sewon yang cukup beragam, baik dari segi agama, latar belakang, budaya, ras, dan kemampuan. Dengan keberagaman tersebut, tak dapat dipungkiri dalam dunia pendidikan pun masih rawan terjadinya diskriminasi baik dalam hal hubungan antar peserta didik maupun guru dan peserta didik. Keberadaan minoritas yang berbeda dengan mayoritas identik dengan pendiskriminasian dan tidak jarang terjadi kesenjangan sosial antara mayoritas dengan minoritas. Namun, hal yang bebeda justru terjadi di SMA N 1 Sewon, kerukunan terjalin diantara warga sekolah, baik peserta didik maupun guru. Meski agama Islam sebagai agama yang dianut oleh mayoritas peserta didik, namun hal tersebut justru membuat peserta didik minoritas tak merasa tidak dihargai. Dunia pendidikan merupakan the starting point untuk melakukan internalisasi nilai-nilai multikultural pada diri peserta didik. Melalui sekolah, guru dapat menanamkan nilai-nilai multikultural dalam diri peserta didik, terlebih melalui pembelajaran PAI. Guru perlu bertindak secara kreatif dalam menjembatani pemahaman peserta didik tentang perbedaan. Sebagai ujung tombak internalisasi nilai-nilai multikultural guru harus memiliki pemahaman yang memadai tentang multikultural. Berdasarkan hal tersebut, PAI sebagai pembelajaran agama mayoritas peserta didik, bagaimanakah internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Sewon. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA N 1 Sewon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: internalisasi nilai-nilai multikultural di SMA N 1 Sewon melalui pembelajaran PAI dilakukan dengan beberapa metode antara lain ceramah, pembiasaan dan juga teladan. Dengan metode-metode tersebut, SMA N 1 Sewon telah berhasil mencetak generasi yang memiliki nilai-nilai multikultural dalam dirinya, yang ditunjukkan dengan sikap saling menyayangi, tolong menolong, dan menghormati antar warga sekolah. %Z Dr. Muqowim, M.Ag