%0 Thesis %9 Skripsi %A Laila Nuri Safaah, NIM. 13410236 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:33147 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kompetensi Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam %P 117 %T KEPRIBADIAN GURU YANG TERDAPAT DALAM FILM LITTLE BIG MASTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33147/ %X Latar belakang penelitian ini adalah dalam mewujudkan pendidikan yang ideal maka diperlukan guru yang berkompeten dalam mendidik dan membimbing peserta didik menuju generasi yang bermatabat, guru harus memiliki kemampuan yang tidak hanya pandai dalam pengaturan kelas, menguasai materi, pandai bersosialisai dengan lingkungan sekolah , namun yang tidak kalah penting dan hal ini sering dilupakan oleh guru-guru, terutama generasi-generasi di era modern sekarang ini yang mulai melupakan nilai-nilai luhur, yaitu guru harus dapat menjadi teladan dalam kepribadianya. Penelitai ini bertujuan Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam film Little Big Master. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research). Yang membahas tentang kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam dalam film Little Big Master. Adapun dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode dokumentasi yang didasarkan atas data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepribadian yang terdapat dalam film Little Big Master diuraikan menjadi beberapa kebribadian yaitu pribadi guru yang jujur, teladan bagi peserta didik, menahan amarah, stabil dan bersabar, memikiki komunikasi yang efektif, santu, lemah lembut, bertanggung jawab, berwibawa, berakhlak mulia, berkomitmen terhadap tugas, dan bertanggungjawab,2) Dilihat dari kepribadian guru yang terdapat dalam film little big master jika dikaitkan dan ditarik benang merah dengan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam sangat relevan untuk menunjang pengembangan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Karena kepribadian yang ada dalam Film Tersebut memuat banyak kesamaan dan mendukung konsep kepribadian guru PAI sesuai Peraturan Menteri Agama nomor 16 tahun 2010. Serta sesuai dengan kondisi saat ini. Guru PAI harus memiliki dan mengetahui kepribadian yang baik sebagai seorang guru untuk dapat memberikan pengaruh positif terhadap anak didiknya Kata kunci %Z Dr. H. Rofik, M. Ag