TY - THES N1 - Dr. Karwadi, M.Ag. ID - digilib33149 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33149/ A1 - MUHAMMAD HASAN BAIDLAWIE, NIM. 1620410041 Y1 - 2018/08/28/ N2 - Muhammad Hasan Baidlawie (1620410041). Perkembangan pendidikan agama islam Masa Orde Lama (kajian kebijakan pendidikan agama islam tahun 1945-1966). Tesis. Yogyakarta : Program Studi Magister Pendidikan Islam konsentrasi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebijakan pemerintah tentang pendidikan merupakan salah satu bidang kajian politik pendidikan. Politik pendidikan adalah segala kebijakan pemerintah suatu Negara dalam bidang pendidikan yang berupa peraturan perundangan atau lainnya untuk menyelenggarakan pendidikan demi tercapainya tujuan negara. Penelitian ini merupakan penelitian literatur yang memiliki fokus kajian tentang kebijakan pemerintah orde lama dalam penyelenggaraan pendidikan Islam. Adapun hasil sebagai berikut: Kebijakan pemerintah orde lama dalam penyelenggaraan pendidikan Islam dapat ditelusuri melalui lahirnya beberapa regulasi tentang pelaksanaan pendidikan nasional maupun yang secara spesifik mencakup pendidikan Islam. Regulasi tersebut antara lain :1) Keputusan Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BPKNIP) pada tanggal 27 Desember 1945. 2) Keputusan bersama antara Menteri PPK dan Menteri Agama No.1142/Bhg A(pengajaran), Jakarta tanggal 2 Desember 1946, No 1285 /K-7 (Agama) Yogyakarta tanggal 2 Desember 1946. 3) UU No 4 Tahun 1950 tentang Dasar-Dasar Pendidikan dan Pengadjaran di Sekolah. 4) Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 1432/Kab. Tanggal 20 Juni 1951 dan Menteri Agama No. K.1/652, tanggal 20 Juni 1951. 5) Instruksi Bersama Menteri Pendidikan, Pengajaan dan Kebudayaan No. 17678/Kab dan Menteri Agama No. K.1/9180 tanggal 16 juli 1951. 6) Undang ? undang No. 12 Tahun 1954. 7) TAP MPRS No 2 Tahun 1960. Adapun dinamika yang terjadi selama periode ini berlangsung adalah mengupayakan pendidikan agama Islam dapat terselenggara di lembaga-lembaga pendidikan umum serta membenahi fasilitas demi mendukung pendidikan agama Islam. pendidikan agama Islam di sekolah umum belum memenuhi harapan dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Islam yang menjadikan agama sebagai benteng moral bangsa. Kondisi ini dipengaruhi sekurang-kurangnya oleh tiga faktor, yaitu: pertama, sumber daya guru agama Islam; kedua, pelaksanaan pendidikan agama Islam; dan ketiga, kegiatan evaluasi dan pengujian terkait pendidikan agama Islam di sekolah umum. Hal ini juga dipengaruhi kondisi pemerintahan yang tidak stabil. Keputusan memberikan pelajaran agama di sekolah mulai kelas IV ini berkembang terus dan mengalami serangkaian perubahan kebijakan. Pada tahun 1960, dinyatakan bahwa pendidikan agama menjadi pelajaran di sekolah-sekolah mulai dari SD sampai dengan universitas negeri. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Orde Lama, Kebijakan Pendidikan Agama Islam, Dinamika Pendidikan Agama Islam PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Pendidikan Agama Islam KW - Orde Lama KW - Kebijakan Pendidikan Agama Islam KW - Dinamika Pendidikan Agama Islam KW - Islamic Education KW - Old Order KW - Policy of Islamic Religion Education KW - Dynamics of Islamic Education M1 - masters TI - PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA ORDE LAMA (KAJIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN 1945-1966) AV - restricted EP - 141 ER -