<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK)"^^ . "MIN Malang 1 dan MIN II Yogyakarta merupakan madrasah unggulan yang\r\nterdapat di dua daerah yang berbeda yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahun 2014 dan sama-sama \r\nmenggunakan aplikasi digital pengolah nilai yang berformat Microsoft Excel. Penelitian ini disusun \r\nuntuk melihat penggunaan dan pengembangan aplikasi digital di kedua madrasah tersebut. Penelitian \r\nini menggunakan jenis penelitian lapangan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek \r\npenelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas, waka kurikulum, dan bagian pengolah nilai. Data \r\ndikumpulkan degan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan data \r\nreduction, data display, dan conclusion verification.\r\nHasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan dalam penggunaan dan pengembangan aplikasi \r\npengolahan nilai di kedua madrasah, antara lain: (1) Aplikasi di MIN Malang 1 dikembangkan secara \r\nmandiri oleh madrasah, sedangkan di MIN II Yogyakarta diperoleh dari Kemenag setempat; (2) Aplikasi \r\nyang digunakan di MIN Malang 1 dikembangkan oleh tim khusus pengolah nilai yang kompeten dalam IT, \r\nsedangkan di MIN II Yogyakarta disusun oleh pihak Kanwil; (3) Aplikasi di MIN Malang 1 lebih banyak \r\ndigunakan oleh tim pengolah nilai, sedangkan di MIN II Yogyakarta guru bertanggung jawab dalam \r\nkeseluruhan proses penilaian; (4) Aplikasi yang digunakan di MIN Malang 1 hanya dapat digunakan \r\noleh pihak internal sekolah, sedangkan di MIN II Yogyakarta aplikasi boleh diberikan untuk pihak \r\nluar. Persamaannya antara lain, (1) Kedua aplikasi disusun dengan menggunakan aplikasi Microsoft \r\nExcel; (2) Kedua aplikasi mengacu pada Permendikbud no.53 tahun 2015,\r\n(3) Aspek yang dinilai secara garis besar adalah sama; (4) Kedua aplikasi digunakan untuk mengolah \r\nnilai sampai pada nilai raport; (5) Kedua aplikasi bermanfaat dan efektif digunakan bagi guru untuk \r\nmempermudah proses penilaian.\r\nPenyebab perbedaan penggunaan dan pengembangan aplikasi antara lain: (1) Letak geografis kedua \r\nmadrasah; (2) Sumber aplikasi diperoleh; (3) Sumber daya manusia di kedua madrasah; (4) Perbedaan \r\nbeban tugas guru di kedua madrasah. Kelebihan aplikasi tersebut adalah, (1) Efektif dan memudahkan \r\npara guru dalam mengolah nilai; (2) Memanfaatkan waktu dengan efisien; (3) Sarana para guru untuk \r\nmeng-upgrade ilmu, khususnya dalam bidang IT, sedangkan kekurangannya adalah,\r\n(1) Jumlah komponen banyak sehingga membuat guru kesulitan dalam mengoperasikan, (2) Membuat guru \r\nharus pandai mengatur waktu karena banyaknya penilaian."^^ . "2018-08-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420420014"^^ . "YASSINTA NOOR NAFI’AH"^^ . "NIM. 1420420014 YASSINTA NOOR NAFI’AH"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Text)"^^ . . . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Text)"^^ . . . "1420420014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \r\nMIN II YOGYAKARTA\r\n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #33156 \n\nPENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN \nMIN II YOGYAKARTA \n(ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .