%0 Thesis
%9 Masters
%A NUR LAILA MILADIAH, NIM. 1420420024
%B PASCASARJANA
%D 2018
%F digilib:33158
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Standar Isi, KTSP, Kurikulum 2013, Sejarah Kebudayaan  Islam.
%P 156
%T ANALISIS KOMPARATIF STANDAR ISI KTSP 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN   ISLAM  PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33158/
%X Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru sebagai penyempurna  Kurikulum 2006/KTSP, yang diberlakukan secara bertahap pada sekolah-sekolah  di lingkungan Kemenag mulai tahun ajaran 2014/2015. Artinya, tidak menutup  kemungkinan ada beberapa unsur atau komponen yang serupa di dalam KTSP  2006 dan Kurikulum 2013. Namun, tentu juga terdapat perbedaan di antara  keduanya. Salah satunya yang terdapat pada Standar Isi. Dengan adanya  perubahan tersebut otomatis mempengaruhi proses pembelajarannya. Oleh karena  itu, analisis terhadap Standar Isi dari kedua kurikulum tersebut layak dilakukan,  guna mengetahui letak perbedaan SK-KD dan KI-KD pada mata pelajaran Sejarah  Kebudayaan Islam, yang menjadi objek penelitian ini.  Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research).  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik dokumentasi.  Sedangkan untuk menganalisis data tersebut digunakan teknik analisis isi (content  analysis) dengan metode deskriptif analitis.  Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, muatan  Kompetensi Dasar mata pelajaran SKI dalam KTSP 2006 dan Kurikulum 2013,  keduanya sama-sama mengharapkan pembiasaan peserta didik dalam melakukan  hal baik dan menghindari hal buruk, dan kompetensi yang disajikan sama-sam  dimulai dari penanaman sikap yang bersifat mendasar menuju yang lebih  kompleks. Adapun perbedaannya; pada KTSP 2006 nilai-nilai yang ingin dicapai  masih abstrak, serta pengelompokan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan  belum sistematis. Sedangkan Kompetensi Dasar yang terdapat pada K-13 lebih  sistematis dan jelas. Kedua, komparasi Standar Isi mata pelajaran SKI dilihat dari  sequence dan scope, baik dalam KTSP 2006 dan kurikulum 2013 telah  menyajikan materi secara urut dan mendalam sesuai dengan yang ada ruang  lingkup. Namun ada tiga poin yang menjadi catatan. Pertama, materi tentang  Hijrah Nabi Muhammad dan para sahabat ke Habasyah tidak terdapat pada kelima  ruang lingkup SKI-MI, namun di SK-SD (KTSP) dan KI-KD (K-13)  dicantumkan. Kedua, pada K-13 ada pemadatan materi pada kelas IV & V MI  dibandingkan dengan yang terdapat pada KTSP 2006. Ketiga, adanya perbedaan  isi ruang lingkup yang kelima, yaitu pada KTSP 2006 berbunyi Sejarah  perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing. Sedangkan pada K-13  berbunyi Sejarah perjuangan Wali Sanga. Hal ini dapat berpengaruh terhadap  proses pembelajaran, dan kompetensi yang dijabarkan pada SK-KD dan KI-D
%Z Dr. Sukiman, M.Pd