eprintid: 33173 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/31/73 datestamp: 2019-02-14 04:25:39 lastmod: 2019-02-14 04:25:39 status_changed: 2019-02-14 04:25:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wahyu Kholis Prihantoro, NIM. 14410179 title: EFEKTIVITAS PROGRAM TAKHASSUS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Program takhassus, Pendidikan Agama Islam note: Drs. H. Radino, M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam dunia pendidikan sebagian madrasah yang bernanung di bawah pesantren memiliki program pendidikan dan karakteristik yang berbeda dengan madrasah atau sekolah umum lainnya. Seperti halnya Madrasah Ibnul Qoyyim Putra yang bernanung di bawah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta, memiliki ciri khas yaitu sebuah program takhassus atau kelas persiapan bagi santri yang berasal dari SMP/MTS luar pondok yang hendak melanjutkan pendidikan MA di Madrasah Ibnul Qoyyim, namun mereka belum lulus waktu ujian seleksi madrasah. Agar mereka yang tidak lulus ujian seleksi dapat lulus dan masuk MA Ibnul Qoyyim, maka mereka diwajibkan untuk mengikuti kelas persiapan yaitu program takhassus selama 1 tahun dengan 2 semester. Pada semester 1 mereka mempelajari pelajaran MTS kelas 1, sedangkan pada semester 2 mereka mempelajari pelajaran MTS kelas 2 dan 3. Namun dalam proses pembelajarannya masih banyak kendala yang terjadi baik dari gurunya, siswanya, proses pembelajarannya, dan proses evaluasinya. Dalam program takhassus ini mata pelajaran PAI diperbanyak materinya dan ditambah jam pelajarannya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang efektivitas program takhassus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran program takhassus, mengetahui problematika yang dihadapi guru dan siswa selama proses program takhassus, dan menjelaskan hasil yang telah dicapai program takhassus dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang ada di lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik, yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek dan menganalisis data dengan tujuan mendeskripsikan kondisi alamiah yang terjadi kemudian dianalisa. Datanya diperoleh melalui observasi, analisis dokumentasi dan wawancara dengan Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran program takhassus di Madrasah Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta masih perlu diperbaiki baik dari segi metode, media, proses dan evaluasi pembelajarannya. (2) Problematika yang ada di program takhassus ini terdapat pada guru, siswa, proses pembelajaran, dan proses evaluasi. (3) Hasil nilai siswa program takhassus dapat di ketahui melalui tes tulis, tes lisan, dan tes praktek. Hasilnya sudah cukup mememuaskan sehingga program tersebut sudah dapat dikatakan efektif. date: 2018-07-25 date_type: published pages: 154 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahyu Kholis Prihantoro, NIM. 14410179 (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM TAKHASSUS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33173/1/14410179_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33173/2/14410179_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf