%A CHOSINATUL CHOERIYAH - NIM: 04230020 %O Cth. Pembimbing : Abdur Rozaki, S.Ag, M.Si %T PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PENGEMBANGAN LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA %X Penelitian berjudul Pemberdayaan Santri Melalui Pengembangan Life Skill di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta (studi atas program dan metode pencapaian hasil) adalah penelitian tentang program dan metode pencapaian hasil pengembangan santri dalam memberdayakan santri untuk bekal masa depan. Dimana santri yang ditingkatkan kualitasnya dalam mencapai suatu tujuan yang ditentukan, agar mereka setelah selesai dari pesantren bisa langsung terjun ke masyarakat. Pemberdayaan adalah sebuah proses atau upaya dalam memperoleh pengetahuan dan menggunakan sumberdaya secara bijaksana dalam mengembangkan keahlian yang dimiliki. Pengembangan adalah usaha dalam memperkenalkan atau mengkomunikasikan segala sesuatu yang asing kepada masyarakat dalam lingkup pesantren, baik berupa ide atau gagasan yang berkaitan dengan skill. Life skill adalah upaya membantu santri dalam mengembangkan bakat atau keahlian yang mereka miliki, menghilangkan kebiasaan kurang tepat serta memecahkan problema yang mereka miliki. Sebagai produsen yang dikembangkan untuk menaikkan produktifitas dengan pengetahuan sebagai santri yang diberi rasio untuk mengembangkan diri secara utuh. Latar belakang diadakannya program life skill adalah adanya persaingan global yang sekarang ini santri tidak hanya bisa menguasai ilmu agama saja akan tetapi santri juga mampu dalam bidang kecakapan hidup atau keterampilan yang sekarang ini sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis program dan metode pemberdayaan santri melalui pengembangan life skill untuk bekal masa depan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif menggambarkan pelaksanaan life skill yang dijalankan oleh Departemen Pendidikan dan Keterampilan di Pondok Pesantren Nurul Ummah. Diskriptif kualitatif adalah metode untuk menggambarkan suatu peristiwa dengan kata-kata menurut kategori untuk diambil kesimpulan. Kegunaan penelitian adalah sebagai sumbangan ilmu pengetahuan tentang pemberdayaan santri melalui pengembangan life skill. Atas program dan metode pencapaian hasil. Tempat penelitian di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Metod yang digunakan adalah kualitatif jenis penelitian ini bersifat diskriptif. Pengambilan data yang dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi terlibat dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Nurul Ummah dalam mempersiapkan santri yang nantinya mampu bersaing di era globalisasi ini, pondok juga memberikan kurikulum pokok juga memberikan kurikulum lokal, yang dikemas dalam kegiatan keterampilan yang dilaksanakan pada setiap satu minggu sekali. Adapun kegiatannya terdiri kajian malam Jum'at, peringatan hari-hari besar islam, penyaluran minat dan bakat santri seperti : menjahit, manik-manik atau smok, tataboga serta ekstra di luar jadwal kegiatan yaitu kaligrafi, tilawah, dan lainnya. Bagi santri Pondok Pesantren Nurul Ummah yang belum mendapatkan kemahiran atau belum begitu menguasai dalam program life skill, Departemen pendidikan dan keterampilan pondok akan selalu memberikan program pelatihan kepada yang belum bisa atau kepada siapa saja yang mau mengikuti program life skill tersebut. Hal yang sangat jelas bahwa hasil yang dicapai dari pelatihan tersebut terhadap santri telah membuahkan hasil walaupun hasil tersebut terkadang masih dalam lingkup pesantren saja akan tetapi dengan terbuktinya usaha santri dalam mengikuti kegiatan tersebut, Pondok Pesantren Nurul Ummah dalam mengadakan program life skill santri sudah bisa langsung menghasilkan kerajinan atau keterampilan yang bisa dipasarkan dan ditampilkan ketika ada cara di pondok. %K pemberdayaan santri, life skill %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3318