%A NIM :1620410054 Rizqa Octarina %O Dr. Muqowim, M.Ag. %T MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA BANGSA YOGYAKARTA %X Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran multikultural di Taman Kanak-Kanak Yogyakarta. Berawal dari munculnya paradigma multikultural di Indonesia yang diyakini sebagai alternatif pemecahan konflik yang berisukan SARA. Dengan adanya penerapan manajemen pembelajaran multikultural di sekolah Cinta Bangsa maka diharapkan mampu untuk memberikan contoh kepada masyarakat pada hakikatnya keberagaman akan indah apabila terjaga dengan baik. Guru sebagai pengelola pembelajaran diharapkan dapat mengatur, memimpin proses kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dengan tema Manajemen Pembelajaran Multikultural di Taman Kanak-Kanak Yogyakarta menunjukkan bahwa pertama, guru telah melaksanakan empat fungsi manajemen dalam pembelajaran multikultural. Hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran mencakup rencana pembelajaran jangka panjang dan pendek. Pengorganisasian pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan metode, dan alokasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran dapat dilihat dari pedoman penilaian pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Kedua, hasil pencapaian dari pembelajaran multikultural adalah adanya beberapa sikap yang merupakan bagian dari mulikultural seperti demokrasi, keadilan, kesetaraan, toleransi, kedamaian, dan kebersamaan. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Multikultural %K Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Multikultural %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib33180