<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik)"^^ . "Khabibul Khoiri, 1620410055, 2018. Implementasi Program Lingkungan\r\nBahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa Asrama\r\nMAN I Yogyakarta (Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik).\r\nImplementasi program lingkungan bahasa Arab di asrama MAN I\r\nYogyakarta merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan\r\nbahasa Arab siswa. Douglas Brown menyatakan bahwa keberhasilan dalam\r\nmempelajari bahasa sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sebab bahasa\r\nmerupakan produk sosial, dimana setiap individu tumbuh dan menyerap\r\nkebahasaan dalam komunitasnya. Namun berdasarkan data yang diperoleh\r\npeneliti melalui observasi menyatakan bahwa kompetensi siswa terhadap\r\npenguasaan keterampilan bahasa Arab belum mencapai standar kompetensi yang\r\ndiharapakan. sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait dengan\r\nprogram lingkungan bahasa Arab yang diimplementasikan di asrama MAN I\r\nYogyakarta.\r\nAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah\r\nproses interaksi antara pembimbing dan siswa dalam kegiatan berbahasa Arab\r\npada program lingkungan bahasa Arab di asrama MAN I Yogyakarta, 2) apa saja\r\nbentuk-bentuk simbol yang digunakan oleh pembimbing dan siswa dalam proses\r\ninteraksi, 3) bagaimanakah bentuk peran pembimbing dan siswa dalam\r\nmelaksanakan program lingkungan bahasa Arab.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research).\r\nPengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,\r\nobservasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini\r\nmenggunakan analisis perspektif teori interaksionisme simbolik, dengan fokus\r\nkajian yaitu implementasi program lingkungan bahasa Arab untuk meningkatkan\r\nketerampilan bahasa Arab siswa asrama MAN I Yogyakarta.\r\nHasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) implementasi program\r\nlingkungan bahasa Arab di asrama MAN I Yogyakarta merupakan sebuah upaya\r\nuntuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab, yaitu dengan cara: a)\r\nmenciptakan pembelajaran Istimā’, Kalām, Qirā’ah, dan Kitābah, b) memberikan\r\nlatihan-latihan kepada siswa dalam bentuk tes TOAFL dan muhādatsah\r\nyaumiyyah, c) membentuk sebuah peraturan yang bertujuan untuk membentuk\r\nsiswa yang memiliki kedisiplinan dalam berbahasa Arab. 2) proses interaksi atau\r\nkomunikasi antara pembimbing dan siswa dilakukan dengan menggunakan bahasa\r\nArab baik didalam maupun diluar pembelajaran. 3) bentuk-bentuk simbol yang\r\ndigunakan dalam proses interaksi meliputi bahasa lisan dan bahasa tulisan yang\r\nberbahasa Arab. 4) pembimbing memiliki peran sebagai pelaksana sekaligus\r\npenanggung jawab terhadap suksesnya program lingkungan bahasa Arab.\r\nsedangkan peran siswa adalah ikut serta dalam melaksanakan program tersebut\r\ndalam bentuk belajar bahasa yaitu dengan mengkomunikasikan bahasa Arab\r\ndidalam proses interaksi.\r\nKata Kunci : Interkasionisme Simbolik, Keterampilan Bahasa Arab,\r\nLingkungan Bahasa Arab"^^ . "2018-08-07" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM:1620410055"^^ . "KHABIBUL KHOIRI"^^ . "NIM:1620410055 KHABIBUL KHOIRI"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Text)"^^ . . . . . "1620410055_BAB-I_IV-atau-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA\r\nMAN I YOGYAKARTA\r\n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #33181 \n\nIMPLEMENTASI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK \nMENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB SISWA ASRAMA \nMAN I YOGYAKARTA \n(Studi Analisis Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik)\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Arab"@en . .