TY - THES N1 - Dr. Muqowim, M.Ag ID - digilib33185 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33185/ A1 - Siti Astari Litami Damanik, NIM. 14410012 Y1 - 2018/08/24/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin melihat upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membentuk Akhlak pada anak berkiebutuhan khusus hiperaktif. SLB Negeri 2 Yogyakarta ini banyak anak yang memiliki keterbatasan seperti, tunadaksa, tunawicara, ADHD dan Tungrahita. Realitanya dalam kehidupan bermasyarakat sangat mementingkan nilai-nilai akhlak dan dengan keterbatasan siswa pihak sekolah dan khususnya guru PAI diharapkan dapat membentuk akhlak siswa.Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak pada anak berkebutuhan khusu hiperaktif di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fiel research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 2 metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan guru bidang kurikulum. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifiksi dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan akhlak pada anak berkebutuhan khusus dengan pembiasaan hal-hal kebaikan diantaranya pembiasaan brertanggungjawab, pembiasaan sopan santun, pembiasaan disiplin, pembiasaan berprilaku jujur. 2) Hasil dari pelaksanaan pembelajaran PAI sudah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hafal doa-doa siswa, mengucap salam, kebiasaan bersalaman jika bertemu guru maupun orangtua, Menghargai guru, shalat berjamaah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Upaya guru PAI KW - Pembentukan Akhlak KW - Anak berekebutuhan Khusus Hiperaktif. M1 - skripsi TI - UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 130 ER -