@mastersthesis{digilib33195, month = {August}, title = {PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP SIKAP BAHASA ARAB SISWA DI MTS NEGERI 3 SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM: 1620410003 JAFAR SIDIK}, year = {2018}, note = {Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag}, keywords = {religiusitas, dukungan sosial, dan sikap bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33195/}, abstract = {Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah sikap bahasa Arab yang dimiliki oleh siswa berada MTs Negeri 3 Sleman dalam kategori cukup rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana religiusitas siswa di MTs Negeri 3 Sleman? (2) Bagaimana dukungan sosial siswa di MTs Negeri 3 Sleman? (3) bagaimana sikap bahasa Arab siswa di MTs Negeri 3 Sleman? (4) Berapa besar pengaruh religiusitas terhadap sikap bahasa Arab siswa di MTs Negeri 3 Sleman? (5) Berapa besar pengaruh dukungan sosial terhadap sikap bahasa Arab siswa di MTs Negeri 3 Sleman? (6) berapa besar pengaruh religiusitas dan dukungan sosial secara bersama-sama terhadap sikap bahasa Arab siswa di MTs Negeri 3 Sleman? Kuantitati adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian sebanyak 223 siswa MTs Negeri 3 Sleman. Subjek penelitian tersebut terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala, yaitu skala religiusitas, skala dukungan sosial dan skala sikap bahasa Arab. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis dan diuji hipotesisnya menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Religiusitas yang dimiliki oleh siswa MTs Negeri 3 Sleman mayoritas berada pada kategori sedang dengan jumlah sebanyak 147 siswa atau 65,9\%. (2) Dukungan sosial yang dimiliki oleh siswa MTs Negeri 3 Sleman mayoritas berada pada kategori sedang dengan jumlah sebanyak 154 siswa atau 69,1\%. (3) Sikap Bahasa Arab yang dimiliki oleh siswa MTs Negeri 3 Sleman mayoritas berada pada kategori sedang dengan jumlah sebanyak 160 siswa atau 71,7\%. (4) Religiusitas memiliki pengaruh positif terhadap sikap bahasa Arab siswa dengan jumlah nilai R sebesar 0,537 dan menunjukkan sumbangan relatif sebanyak 28,9\%. (5) Dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap sikap bahasa Arab siswa dengan nilai R sebesar 0,578 dan memberikan sumbangan relatif sebanyak 33,4\%. (6) Hasil uji F antara variabel secara simultan menunjukkan bahwa religiusitas dan dukungan sosial secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap sikap bahasa Arab siswa MTs Negeri 3 Sleman dengan nilai R 0,631 dan dapat menunjukkan sumbangan relatif sebanyak 39,8\%.} }