<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari disharmoni antara sains dan agama yang marak \r\ndiperbincangkan. Ada sebagian kelompok yang memandang bahwa sains dan agama berdiri pada posisinya \r\nmasing-masing. Kondisi yang demikian semakin menunjukkan adanya kesenjangan antara ilmu pengetahuan \r\numum dan ilmu agama. Hal ini akan merambah pada dunia pendidikan menimbulkan model dikotomi \r\npendidikan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah gagasan mengenai integrasi keilmuan umum dan agama \r\nuntuk mengatasi problema tersebut. Dalam penelitian ini, penulis mengimplementasikan konsep \r\nintegrasi keilmuan umum dan agama di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan: 1) \r\nuntuk mengetahui implementasi integrasi keilmuan umum dan agama pada pembelajaran sains, dan 2) \r\nuntuk mengetahui hasil implementasi integrasi tersebut terhadap peserta didik di SMA Islam Al-Azhar \r\n9 Yogyakarta.\r\nPendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan \r\nmelakukan penelitian di lapangan (field research). Dan tehnik pengumpulan data berupa dokumentasi, \r\nobservasi dan wawancara.\r\nDari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Implementasi integrasi dalam pembelajaran adalah guru \r\nmata pelajaran sains mengintegrasikan materi yang diajarkan dengan keagamaan atau keislaman. Dalam \r\nproses pembelajaran dapat dilihat pada mata pelajaran Kimia Kelas XI MIPA 1 yaitu tentang materi \r\n“hidrokarbon” yang direlevansikan dengan ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan materi tersebut yaitu \r\nQS. Al-A’la ayat 1-5. Tidak hanya itu, pada mata pelajaran Biologi tentang materi “Ruang Lingkup \r\nBiologi” guru merelevansikan dengan QS. As-Sajdah: 27. Melalui ayat al-Qur’an yang dikaji guru \r\nmemberikan pemahaman tentang nilai-nilai Islam kepada peserta didik. 2) Hasil adanya integrasi \r\nkeilmuan umum dan agama terhadap peserta didik adalah; siswa mampu memahami pengetahuan secara utuh \r\ntidak hanya di bidang ilmu umum namun juga di bidang ilmu agama, siswa antusias untuk belajar dan \r\nmengkaji ilmu sesuai al-Qur’an, siswa mampu berpikir kritis dan mandiri untuk mengkaji ulang \r\nmengenai informasi melalui Al-Qur’an, siswa mampu berpikir secara langsung/kontekstual mengenai \r\nkejadian-kejadian atau pengamatan beradasarkan fakta yang ada di lingkungan sekitar."^^ . "2018-08-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1620410006"^^ . "IDA NURJANAH, S. Pd. I"^^ . "NIM: 1620410006 IDA NURJANAH, S. Pd. I"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1620410006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #33198 \n\nIMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .