%A NIM: 1620410006 IDA NURJANAH, S. Pd. I %O Dr. Usman, SS, M.Ag %T IMPLEMENTASI INTEGRASI KEILMUAN UMUM DAN AGAMA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari disharmoni antara sains dan agama yang marak diperbincangkan. Ada sebagian kelompok yang memandang bahwa sains dan agama berdiri pada posisinya masing-masing. Kondisi yang demikian semakin menunjukkan adanya kesenjangan antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama. Hal ini akan merambah pada dunia pendidikan menimbulkan model dikotomi pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah gagasan mengenai integrasi keilmuan umum dan agama untuk mengatasi problema tersebut. Dalam penelitian ini, penulis mengimplementasikan konsep integrasi keilmuan umum dan agama di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui implementasi integrasi keilmuan umum dan agama pada pembelajaran sains, dan 2) untuk mengetahui hasil implementasi integrasi tersebut terhadap peserta didik di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan melakukan penelitian di lapangan (field research). Dan tehnik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Implementasi integrasi dalam pembelajaran adalah guru mata pelajaran sains mengintegrasikan materi yang diajarkan dengan keagamaan atau keislaman. Dalam proses pembelajaran dapat dilihat pada mata pelajaran Kimia Kelas XI MIPA 1 yaitu tentang materi “hidrokarbon” yang direlevansikan dengan ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan materi tersebut yaitu QS. Al-A’la ayat 1-5. Tidak hanya itu, pada mata pelajaran Biologi tentang materi “Ruang Lingkup Biologi” guru merelevansikan dengan QS. As-Sajdah: 27. Melalui ayat al-Qur’an yang dikaji guru memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Islam kepada peserta didik. 2) Hasil adanya integrasi keilmuan umum dan agama terhadap peserta didik adalah; siswa mampu memahami pengetahuan secara utuh tidak hanya di bidang ilmu umum namun juga di bidang ilmu agama, siswa antusias untuk belajar dan mengkaji ilmu sesuai al-Qur’an, siswa mampu berpikir kritis dan mandiri untuk mengkaji ulang mengenai informasi melalui Al-Qur’an, siswa mampu berpikir secara langsung/kontekstual mengenai kejadian-kejadian atau pengamatan beradasarkan fakta yang ada di lingkungan sekitar. %K Integrasi, Ilmu, Agama %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib33198