TY - THES N1 - Dr. Hj. Ema Marhumah, M. Pd., ID - digilib33204 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33204/ A1 - GAFURURRAHIM, NIM. 1620410009 Y1 - 2018/08/23/ N2 - Kemahiran berbahasa Arab yang meliputi kemahiran menyimak, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis Pembelajaran kooperatif mementingkan keberhasilan kelompok daripada individu, sehingga keberhasilan dalam menguasai tanpa melihat siswa ataupun latar belakang siswa tersebut, bahasa Arab dapat diraih bersama-sama tanpa pandang bulu .Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) mengapa pembelajaran Bahasa Arab di MA Muhammadiyah 1 yogyakarta menerapkan Pembelajaran kooperatif, 2) Bagaimana pembelajaran Mah?rah Al-Kal?m dengan Model kooperatif di MA Muhammadiyah 1 yogyakarta, 3) Bagaimana implikasi pembelajaran kooperatif terhadap Mah?rah Al-Kal?m peserta didik di MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Peneliti menggunakan penelitian ini untuk memperoleh data secara lebih mendalam mengenai kemahiran berbicara Bahasa Arab. Adapun objek penelitian ini adalah siswa, guru dan proses pembelajaran Bahasa Arab. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis perspektif model cooperative learning, dengan fokus kajian yaitu Pembelajaran Mah?rah Al-Kal?m di MA Muhammadiyah1 Yogyakarta. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pembelajaran Mah?rah Al- Kal?m merupakan hal yang semestinya di lakukan dalam Pembelajaran Bahasa Arab, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. 2) Proses interaksi atau komunikasi antara guru dan siswa dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab yang baik didalam pembelajaran dan lebih mengesankan tatkala di terapkan dengan model kooperatif. 3) Bentuk pembelajaran yang digunakan dalam proses interaksi meliputi bahasa lisan dan bahasa tulisan yang berbahasa Arab. 4) Guru memiliki peran sebagai pelaksana sekaligus penanggung jawab terhadap program lingkungan bahasa Arab. Sedangkan peran siswa adalah ikut serta dalam melaksanakan program tersebut dalam bentuk belajar bahasa yaitu dengan mengkomunikasikan bahasa Arab didalam proses interaksi sesama siswa PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Bahasa Arab KW - Keterampilan Berbicara (Mah?rah Al-Kal?m) KW - Model Pembelajaran Kooperatif. M1 - masters TI - PEMBELAJARAN MAH?RAH AL-KAL?M DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 160 ER -