TY - THES N1 - Sri Purnami, S.Psi., MA ID - digilib33205 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33205/ A1 - Arina Ulfa Musrifah, NIM. 14410049 Y1 - 2018/08/20/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah seluruh aktifitas manusia seharusnya di dasarkan pada nilai-nilai Agama Islam. Nilai-nilai Agama Islam pada umumnya didapatkan seseorang melalui Pendidikan Agama Islam yang didapatkan di sekolah. Hasil akhir dari Pendidikan Agama Islam adalah pengamalan nilai-nilai Agama Islam. Ketika pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam baik, maka berdampak baik juga bagi dalam kehidupan seseorang secara individu maupun sosial. Hal tersebut akan memotivasi siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran Agama Islam yang didapat, salah satunya yaitu dalam hal mendesain busana muslimah. SMK N 1 Sewon Bantul mempunyai banyak kegiatan keagamaan yang mampu meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, namun karena latar belakang siswa berbeda-beda tidak menutup kemungkinan dalam aktivitas sehariharinya tidak mengamalkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan tingkat motivasi mendesain busana muslimah siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon Bantul, (2) Untuk mendeskripsikan tingkat pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon Bantul, dan (3) Untuk menguji secara empiris hubungan pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan motivasi mendesain busana muslimah siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon Bantul. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh 59 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif korelasi product moment. Hasil penelitin menunjukkan: (1) motivasi mendesain busana muslimah siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon Bantul secara umum dikategorikan tinggi yaitu sebesar 96,61%.(2)pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam siswa dikategorikan tinggi yaitu sebesar 93,2%.(3) terdapat hubungan Positif yang sangat signifikan antara pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan motivasi mendesain busana muslimah siswa kelas XI Tata Busana SMK N 1 Sewon Bantul (r xy 0,354 dalam taraf signifikansi 1%). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pengamalan Nilai-Nilai PAI KW - Motivasi Mendesain Busana Muslimah M1 - skripsi TI - HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PAI DENGAN MOTIVASI MENDESAIN BUSANA MUSLIMAH SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK N 1 SEWON BANTUL AV - restricted EP - 165 ER -