@mastersthesis{digilib33207, month = {August}, title = {PENGARUH METODE QURAN MEMORIZATION TOOLS TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TA{\d H}F{\=I}{\d Z} QUR?{\=A}N S{\=U}RAH AL-Q{\=A}RI?AH)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 1620410021 DERI YATUS SOLIHIN}, year = {2018}, note = {Dr, Sigit Purnama, M.Pd.}, keywords = {Metode Quran Memorization Tools, kemampuan menghafal}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33207/}, abstract = {Studi Eksperimen dalam Pembelajaran Ta{\d h}f{\=i}{\d z} Qur?{\=a}n S{\=u}rah Al-Q{\=a}ri?ah) Salah satu lembaga yang mencanangkan serta mengunggulkan pembelajaran Ta{\d h}f{\=i}{\d z} Qur?{\=a}n adalah SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan guru dalam bidang tahfiz masih banyak mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran Ta{\d h}f{\=i}{\d z} Qur?{\=a}n. Oleh karena itu peneliti ingin menawarkan sebuah metode Quran Memorization Tools agar tujuan dalam pembelajaran Ta{\d h}f{\=i}{\d z} Qur?{\=a}n diharapkan bisa tercapai. Selain itu juga peneliti ingin melihat pengaruh serta hasil ketika metode Quran Memorization Tools dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi eksperimental,tipe Non equivalent control group desaign. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPIT Masjid Syuhada yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas VII A yang berjumlah 23 siswa se bagai kelompok kontrol dan kelas VIIB berjumlah 23 siswa sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).Penerapan metode QuranMemorization Tools Berpengaruh terhadap kemampuan menghafal siswa. Uji analisis data menunjukkan harga (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 0,05 dengan rata-rata nilai pretest-Postest kelompok eksperimen sebesar 48,70 - 85,91, ratarata nilai pretest-postest kelompok kontrol sebesar 44,78-77,35. 2). Penerapan metode Quran Memorization Tools terhadap kemampuan menghafal siswa, memberikan hasil rata-rata postest lebih tinggi dibanding kelas kontrol yakni sebesar 85,91 (kelompok eksperimen), dan 77,35 (kelompok kontrol) dan hasil (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 0,05.} }