%A NIM. 14410080 Muhammad Ibrahim Nurul Haramain %O Munawar Khalil, SS. M.Ag %T METODE PEMBINAAN AKHLAK KEPADA PESERTA DIDIK YATIM DAN PIATU YANG BERMASALAH DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak yatim dan piatu sebagai anak yang membutuhkan pemahaman dan pengertian lebih karena di rumah atau keluarga, mereka sudah kehilangan salah satu orang tua. Maka seorang pendidik yang juga berfungsi sebagai orang tua di sekolah, hendaknya memberikan pemahaman dan pengertian lebih. Supaya ketika anak yatim dan piatu tersebut melakukan permasalahan, seorang pendidik mampu menangani dengan tepat. Meskipun memang seorang pendidik tidak boleh membedakan atau bersikap spesial kepada peserta didik yatim dan piatu tersebut daripada peserta didik lainnya. Dalam kenyataannya, tidak semua pendidik mampu memahami dan memperlakukan peserta didik yatim dan piatu yang bermasalah dengan tepat. Alih-alih memberi perhatian lebih, malah yang terjadi para pendidik tidak mau tahu dan melakukan penanganan yang sama dengan peserta didik lainnya. Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja permasalahan yang dilakukan oleh peserta didik yatim dan piatu yang bermasalah di SMP Muhammadiyah Pakem, bagaimana metode pembinaan akhlaknya , dan hasil yang dicapai dari pelaksanaan metode tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dilakukan oleh peserta didik yatim dan piatu yang bermasalah di SMP Muhammadiyah Pakem, mengetahui metode pembinaan akhlaknya, dan mengetahui hasil yang dicapai dari pelaksanaan metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Pakem. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan semua data yang terkumpul kemudian disusun secara sistematis dan selanjutnya adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Permasalahan yang dilakukan oleh peserta didik yatim dan piatu adalah bolos, tidur di kelas, sembunyi dari kelas, tidak memperhatikan pembelajaran, pulang sebelum waktunya, melawan guru, dan bercanda di kelas. (2) Metode pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru ISMUBA adalah keteladanan, pembiasaan, kisah, nasihat, peringatan, dan ceramah. (3) Hasil yang dicapai dari pelaksanaan metode tersebut adalah bahwa sudah menunjukkan perkembangan yang baik, seperti mereka yang tidak pernah sholat menjadi sholat, yang suka ramai di kelas menjadi memperhatikan, dan yang awalnya tidak menghargai guru menjadi menghargai. Meskipun dengan catatan harus tetap konsisten dalam pelaksanaannya. %K Metode, Pembinaan Akhlak, Yatim, Piatu %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33221