%A NIM. 14410132 FITCHATUR RIZQOH %O Dr. H. Muh Wasith Achadi, M. Ag %T STUDI RELEVANSI PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT THOMAS LICKONA %X Penelitian ini berangkat dari permasalahan moral yang menggelisahkan seluruh negeri. Merebaknya pengguna narkoba, penyalahgunaan wewenang, korupsi, manipulasi, perampokan, pembunuhan, pelecehan seksual, pelanggaran Hak Asasi Manusia, dan penganiayaan terjadi setiap hari. Naasnya hal tersebut terjadi di dunia pendidikan yang mana memperlihatkan belum tercapainya tujuan pendidikan kita. Munculnya pendidikan karakter sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut menarik peniliti untuk mengkaji relevansinya dengan pendidikan akhlak yang termuat dalam pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana relevansi pendidikan akhlak dengan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library research melalui metode deskritif analitik melalui analisis isi atau content analysis. Sumber data diperoleh berdasarkan data-data yang dihimpun dari berbagai literatur seperti, buku, jurnal, maupun surat kabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi struktural. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa relevansi antara pendidikan akhlak dengan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona meliputi beberapa hal diantaranya dari segi tujuan, esensi kebajikan, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan metode pendidikan. Pendidikan akhlak selaras dengan pendidikan karakter dalam mengatur hubungannya dengan sesama manusia. Pendidikan akhlak dan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona menjadi tidak selaras sebab pendidikan karakternya tidak mengkaitkan proses dan dan faktor-fakto dalam hubungannya dengan Sang Maha Kuasa. %K Relevansi, Pendidikan akhlak, Pendidikan karakter. %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib33228