TY - THES N1 - Cth. Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag, M.Si ID - digilib3323 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3323/ A1 - LIA ALFIAH - NIM. 03220054, Y1 - 2010/01/18/ N2 - Penelitian ini berjudul Metode Pembentukan Perilaku Sosial pada Anak Taman Kanak-kanak (TK) Roudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam upaya membentuk perilaku sosial, antara lain sikap tolong-menolong, memaafkan dan sopan santun, seorang pengasuh yang profesional akan berusaha mencari metode yang efektif dengan tujuan supaya anak didiknya terbentuk dengan akhlakul karimah. Seperti mempunyai sifat tolong-menolong, memaafkan dan sopan santun. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik atau guru-guru, anak-anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Roudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga, adapun objek penelitiannya adalah metode pembentukan, bentuk-bentuk perilaku sosial dan lendala-kendala yang dihadapi oleh pendidik dalam membentuk perilaku sosial anak, dan metode yang digunakan dalam pelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan metode analisisa data. Metode yang digunakan dalam membentuk perilaku sosial pada anak di TK Roudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah: (1) metode bercerita, (2) metode dialog, (3) metode keteladanan, (4) metode nasehat, (5) metode pembiasaan, (6) metode bernyanyi, (7) metode targhib dan tarhib, (8) metode pemberian tugas, (9) metode demonstrasi, (10) metode bermain, (11) metode kerja kelompok. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih bagi perkembangan keilmuan pada jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, termasuk metode pembentukan perilaku sosial pada anak di TK Roudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini dapat dicontoh dan diambil nilai positifnya oleh pihak lain. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - perilaku sosial KW - anak taman kanak-kanak (TK) M1 - skripsi TI - METODE PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL PADA ANAK TAMAN KANAK - KANAK (TK) ROUDHATUL ATHFAL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA AV - restricted ER -