eprintid: 33230 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/32/30 datestamp: 2019-02-15 09:14:59 lastmod: 2019-02-15 09:14:59 status_changed: 2019-02-15 09:14:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MA’RUF BIN HUSEIN, NIM.14410128 title: PENGARUH PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT TERHADAP AKHLAK KEPADA SESAMA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran maḥfūẓāt , Akhlak, Kepada sesama manusia note: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pelajaran maḥfūẓāt merupakan salah satu rumpun bidang studi bahasa Arab yang meningkatkan gaya bahasa dan susunan kalimat (uslub) bahasa Arab yang indah kepada para siswa Namun tujuanya adalah menanamkan pedoman hidup, motivasi dalam diri siswa sehingga mampu membentuk akhlak yang baik dalam diri setiap siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh pembelajaran maḥfūẓāt terhadap akhlak kepada sesama manusia pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran maḥfūẓāt siswa kelas VII dan IX MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, untuk mengetahui prilaku akhlak kepada sesama manusia pada siswa kelas VII dan IX MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, untuk menguji secara empiris pengaruh pembelajaran maḥfūẓāt terhadap akhlak kepada sesama manusia pada siswa kelas VII dan IX MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A, B, dan IX A,B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji korelasi dan uji regresi sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran maḥfūẓāt berjalan dengan baik, terdapat tiga langkah pokok dalam pembelajaran maḥfūẓāt yaitu, pembukaan, pembahasaan, evaluasi. Dalam menyampaikan pelajaran maḥfūẓāt pengajar menggunakan pendekatan kontekstual. 2) perilaku akhlak kepada sesame manusia pada siswa tergolong baik, para siswa memiliki kepribadian yang baik. Beberapa prilaku siswa : saling menyapa, tawadu’, ikhlas, sopan, dan taat. 3) Ada pengaruh positif dalam proses pembelajaran maḥfūẓāt terhadap akhlak kepada sesama manusia pada siswa Mts Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta (R Square 0,201). Pengaruh tersebut sebesar 20,1% sedangkan 79,9% dipengaruhi oleh variabel lain selain pembelajaran maḥfūẓāt. yang ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor internal yaitu keadaaan siswa itu sendiri, yang meliputi latar belakang pemahaman ajaran agama dan konsep diri dan faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar siswa, yang meliputi pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan lingkungan masyarakat, dimana perkembangannya sangat dipengaruhi faktor lingkungan tersebut. date: 2018-06-06 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MA’RUF BIN HUSEIN, NIM.14410128 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT TERHADAP AKHLAK KEPADA SESAMA MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33230/1/14410128_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33230/2/14410128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf