@phdthesis{digilib33231,
           month = {August},
           title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT
TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN
HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3
KALASAN},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 11680025 Izzul Wafa},
            year = {2018},
            note = {Runtut Prih Utami, M.Pd,},
        keywords = {Model Cooperative Learning, Tipe STAD, sistem ekskresi, minat
dan hasil belajar biolo},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33231/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe STAD (Student 
Teams Achievement Division) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada aspek kognitif materi 
pokok sistem ekskresi siswa kelas VIII di SMP N 3 Kalasan. Penelitian ini termasuk penelitian True 
experiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi penelitian ini 
adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil secara random 
(acak), yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, VIII D sebagai kontrol (konvensional). Teknik 
pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan 
berupa lembar angket dan lembar soal test. Teknik analisis data menggunakan dengan uji one way 
Annova.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh dalam 
meningkatkan minat belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,000 {\ensuremath{>}} 0,05 
(taraf signifikan ({\ensuremath{\alpha}} 5\%), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran STAD 
berpengaruh terhadap minat belajar siswa. (2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Division 
(STAD) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai 
signifikan 0,816 {\ensuremath{<}} 0,05 (taraf signifikan ({\ensuremath{\alpha}} 5\%), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya kedua 
kelas tersebut tidak berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar daripada model konvensional.}
}