@phdthesis{digilib33231, month = {August}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KALASAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11680025 Izzul Wafa}, year = {2018}, note = {Runtut Prih Utami, M.Pd,}, keywords = {Model Cooperative Learning, Tipe STAD, sistem ekskresi, minat dan hasil belajar biolo}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33231/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada aspek kognitif materi pokok sistem ekskresi siswa kelas VIII di SMP N 3 Kalasan. Penelitian ini termasuk penelitian True experiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, VIII D sebagai kontrol (konvensional). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket dan lembar soal test. Teknik analisis data menggunakan dengan uji one way Annova. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,000 {\ensuremath{>}} 0,05 (taraf signifikan ({\ensuremath{\alpha}} 5\%), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap minat belajar siswa. (2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,816 {\ensuremath{<}} 0,05 (taraf signifikan ({\ensuremath{\alpha}} 5\%), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya kedua kelas tersebut tidak berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar daripada model konvensional.} }