relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33231/
title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT  TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN  HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3  KALASAN
creator: Izzul Wafa, NIM. 11680025
subject: Pendidikan Biologi
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe STAD (Student   Teams Achievement Division) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada aspek kognitif materi   pokok sistem ekskresi siswa kelas VIII di SMP N 3 Kalasan. Penelitian ini termasuk penelitian True   experiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi penelitian ini   adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil secara random   (acak), yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, VIII D sebagai kontrol (konvensional). Teknik   pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan   berupa lembar angket dan lembar soal test. Teknik analisis data menggunakan dengan uji one way   Annova.  Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh dalam   meningkatkan minat belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,000 > 0,05   (taraf signifikan (α 5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran STAD   berpengaruh terhadap minat belajar siswa. (2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Division   (STAD) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai   signifikan 0,816 < 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya kedua   kelas tersebut tidak berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar daripada model konvensional.
date: 2018-08-24
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33231/1/11680025_BAB%20I_BAB%20TERAKHIR_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33231/2/11680025_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
identifier:   Izzul Wafa, NIM. 11680025  (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KALASAN.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.