%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Lely Lystyawati, NIM. 11680040
%B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
%D 2018
%F digilib:33232
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal  keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan  dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman  Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil  identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna  Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan  mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian  dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman  Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan  booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal.  Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli  media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada  guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo.  Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng  ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo  tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian  keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya  dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis  kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan  booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap  booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi  95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer  reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat  baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan  penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak  digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses  pembelajaran.
%P 189
%T KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA  DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33232/
%X Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal  keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan  dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman  Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil  identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna  Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan  mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian  dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman  Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan  booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal.  Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli  media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada  guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo.  Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng  ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo  tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian  keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya  dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis  kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan  booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap  booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi  95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer  reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat  baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan  penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak  digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses  pembelajaran.
%Z Dr.Widodo, M.Pd.