TY - THES N1 - Dr.Widodo, M.Pd. ID - digilib33232 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33232/ A1 - Lely Lystyawati, NIM. 11680040 Y1 - 2018/07/04/ N2 - Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal. Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo. Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi 95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu KW - penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng KW - mengembangkan hasil identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi KW - dan mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dua tahap KW - yaitu penelitian keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal. Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi KW - ahli media KW - peer reviewer KW - dan diujicobakan secara terbatas kepada guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo. Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis kurikulum KW - analisis materi dan potensi lokal KW - perancangan booklet KW - dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi 95% (Sangat baik) KW - ahli media 83% (Sangat baik) KW - peer reviewer 90 KW - 64% (Sangat baik) KW - guru biologi 87 KW - 56% (Sangat baik) KW - dan respon siswa 85 KW - 1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut KW - booklet yang dikembangkan layak digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses pembelajaran. M1 - skripsi TI - KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI AV - restricted EP - 189 ER -