%A NIM. 11680040 Lely Lystyawati
%O Dr.Widodo, M.Pd.
%T KEANEKARAGAMAN ANGIOSPERMAE DI TELAGA WARNA DIENG DAN PENGEMBANGANNYA
DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK SUMBER BELAJAR BIOLOGI
%X Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal
keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan
dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman
Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil
identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna
Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan
mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian
dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman
Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan
booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal.
Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli
media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada
guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo.
Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng
ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo
tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian
keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya
dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis
kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan
booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap
booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi
95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer
reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat
baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan
penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak
digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses
pembelajaran.
%K Telaga Warna Dieng mempunyai potensi lokal
keanekaragaman Angiospermae yang belum dimanfaatkan
dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan mengidentifikasi keanekaragaman
Angiospermae di Telaga Warna Dieng, mengembangkan hasil
identifikasi keanekaragaman Angiospermae di Telaga Warna
Dieng dalam bentuk booklet untuk sumber belajar biologi, dan
mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian
dilakukan dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman
Angiospermae di Telaga Warna Dieng dan pengembangan
booklet keanekaragaman Angiospermae berbasis potensi lokal.
Booklet yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli
media, peer reviewer, dan diujicobakan secara terbatas kepada
guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar Wonosobo.
Hasil penelitian dan identifikasi di Telaga Warna Dieng
ditemukan sebanyak 55 spesies dari 35 famili dari 22 ordo
tumbuhan kelompok Angiospermae. Hasil penelitian
keanekaragaman Angiospermae tersebut selanjutnya
dikembangkan dalam bentuk booklet dengan tahapan analisis
kurikulum, analisis materi dan potensi lokal, perancangan
booklet, dan pengembangan booklet. Hasil penilaian terhadap
booklet keanekaragaman Angiospermae menurut ahli materi
95% (Sangat baik), ahli media 83% (Sangat baik), peer
reviewer 90,64% (Sangat baik), guru biologi 87,56% (Sangat
baik), dan respon siswa 85,1 % (Sangat Setuju). Berdasarkan
penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak
digunakan untuk sumber belajar biologi pada proses
pembelajaran.
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib33232