%0 Thesis %9 Skripsi %A Lilis Ernawati, NIM. 13680017 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2018 %F digilib:33234 %I UIN SUNA KALIJAGA YOGYAKARTA %K Booklet, Tumbuhan Paku, Sumber Belajar Mandiri %P 106 %T Booklet Jenis – Jenis Tumbuhan Paku Dikawasan Hutan Pinus Imogiri Bantul Sebagai Sumber Belajar %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33234/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku di kawasan Hutan Pinus Imogiri Bantul Yogyakarta, mengembangkan Booklet Jenis Tumbuhan Paku sebagai sumber belajar siswa SMA/ MA serta mengetahui kualitas produk. Penelitian ini memiliki 3 tahapan, yakni pengambilan spesies dan proses identifikasi, pengembangan produk dan penelitian, dan ketiga uji coba produk. Produk dinilai dan divalidasi oleh 2 guru biologi dan 17 siswa SMA Muhammadiyah 1 Bantul dengan metode angket. Data kualitatif dati hasil penilaian dikonversi menjadi data kuantitatif. Kualitas produk menurut para penilai berkategori sangat baik, dengan presentasi ideal penilaian dari para ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan siswa berturut-turut 92,00%, 79,00%,80,03%, 76,24%, dan siswa 84,10%. Dengan demikian, Booklet Jenis- Jenis Tumbuhan paku untuk SMA/MA Sanget layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri. %Z Dr. Widodo, M. Pd.,