eprintid: 33237 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/32/37 datestamp: 2019-02-16 04:22:00 lastmod: 2019-02-16 04:22:00 status_changed: 2019-02-16 04:22:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zaria Triana Wahyuningtyas, NIM. 14680003 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPAN ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Hasil Belajar, SAVI, Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw note: Runtut Prih Utami, M.Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Jigsaw berbasis SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif siswa kelas XI di SMA N 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk penelitian Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen Jigsaw dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen Jigsaw berbasis SAVI. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data motivasi berupa lembar angket dan hasil belajar siswa berupa lembar test soal pretest dan posttest. Analisis data motivasi belajar menggunakan Kruskal Wallis Test, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan One Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Jigsaw berbasis SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) secara signifikan tidak terdapat pengaruh motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,274 > 0,05, dan secara signifikan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan hasil pengujian One Way Anova untuk skor N-gain siswa menunjukkan Sig. sebesar 0,022 < 0,0 date: 2018-08-16 date_type: published pages: 245 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zaria Triana Wahyuningtyas, NIM. 14680003 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33237/1/14680003_BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33237/2/14680003_BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf