%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Rika Istiqomah Rika Istiqomah 14680024, NIM.  14680024
%B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
%D 2018
%F digilib:33240
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK),  Motivasi Belajar, Hasil Belajar
%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN   HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33240/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran  Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi belajar siswa,  2) pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK)  terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk True Experiment  dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi  penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel  penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling  dengan hasil kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai  kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan  teknik non tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa.  Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen  berupa soal pretest dan posttest materi sistem reproduksi. Teknik analisis data  motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test, dan  analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model  pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap motivasi  belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test  menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model  pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinesthetic (VAK) terhadap hasil  belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U Test  menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05
%Z Runtut Prih Utami, M.Pd.,